Selasa, 22 Oktober 2019

Pengurus Koprasi di Manado Dibekali

MANADO, (manadoterkini.com) – Peningkatan Kualitas Manajemen Pengelolaan Usaha Guna Mewujudkan Koperasi Yang Mandiri dan Profesional Demi Kesejahteraan Anggota Koperasi menjadi tema pelatihan pengolahan usaha koprasi di Hotel Sahid Manado, Rabu (27/8).

Kegiatan pelatihan yang dibuka Sekretaris Daerah Ir MHF Sendoh, diikuti 40 perserta yang terdiri dari pengurus koprasi di Kota Manado, bertujuan memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan dibidang peraturan perundang-undangan perkoperasian khususnya menyangkut manajemen pengelolaan usaha Koperasi beserta pelaporannya agar lebih profesional dan akuntabel.

Menurut Sendoh, sistim ekonomi kerakyatan yang berasas kekeluargaan, berkedaulatan rakyat, bermoral pancasila dan menunjukan pemihakan terhadap ekonomi rakyat yang dilaksanakan oleh Koperasi.

“Koperasi dijadikan sebagai dasar pengaturan kegiatan perekonomian nasional, dan koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia dan itu adalah implikasi dari perkembangan sistim perekonomian di Indonesia,”terang Sekda.

Lanjutnya, visi dan misi pemerintah kota Manado menyangkut tugas –tugas pembangunan dan kemasyarakatan serta berupaya meningkatkan kesejahtraan anggota Koperasi serta meningkatkan kemitraan antara pemerintah kota dan insan perkoperasian di kota Manado.

Sesuai dengan jiwa undang-undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang perkoperasian dimana Koperasi merupakan salah satu Motor penggerak roda prekonomian nasional adalah juga sebagai penopang bergeraknya ekonomi berbasis masyarakat membangun perekonomian nasional menuju Indonesia sejahtera.

Untuk itu, mingkatkan peran Koperasi dalam menggerakan sektor riil, sebagai upaya pemberdayaan merupakan suatu keharusan.

“Kota Manado berupaya semaksimal mungkin memajukan koprasi melalui Dinas Koprasi dan UMKM dengan berbagai kebijakan dan strategis,”kata Sendoh.

Dia memberikan contoh menigkatkan kualitas Koperasi Perempuan dan Koperasi Pemuda, dan kegiatan pelatihan manajemen pengelolaan usaha Koperasi seperti yang sedang dilaksanakan tersebut bisa bermanfaat bagi peserta.

”Saya harapkan kiranya kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan usaha koperasi dan juga menjadi wadah untuk menjalin kemitraan yang sinergis untuk memajukan Koperasi di Kota Manado,”terangnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Manado Ir.Ricky A.S.Poli,MA mengatakan kegiatan ini guna mendukung kebijakan pemerintah meningkatkan pengetahuan dan wawasan pengurus Koperasi.

“Program dan kebijakan pemerintah dapat tersosialisasi dengan baik dibidang pemberdayaan ekonomi rakyat sehingga ada feedback yang baik dari masyarakat perkoperasian. Kegiatan ini selain diikuti oleh peserta dari Kopersasi se kota Manado juga menghadirkan narasumber dari pemerintah provinsi Sulawesi Utara,”pungkasnya.(ald)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*