Minggu, 21 Juli 2019

Raih Juara Satu Tingkat Provinsi, Tim Penilai Kemenhut RI Kunjungi Minsel

Tetty, Bupati MInsel

Bupati Minsel Tetty Paruntu SE

AMURANG, (manadoterkini.com)-Tim penilai lomba satu miliar penanaman pohon dari Kementerian Kehutanan (Kemenhut) yang dipimpin langsung oleh DR. Onesimus Patium, S.Hut, MP dan anggota Aris Wining Surtini, BSc didampingi oleh Kepala Badan Pengendalian Daerah Aliran Sungai (BP-DAS) Tondano, Ir. Arif Sucipto MM, Kepala Seksi Evaluasi BP-DAS Tondano Ir. Abdul Halim, MM dan Kepala Seksi Penyuluhan Dinas Kehutanan Provinsi Sulut Ir. Ade Tampilang pada Rabu (27/8) kemarin berkunjung di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu SE bersama Sekdakab Minsel Drs Danny Rindengan M.Si dan Kepala Dinas Kehutanan Minsel Ir Frans Tilaar, diruang kerja Wakil Ketua DPRD Minsel Jenny Johana Tumbuan SE yang berlokasi di Desa Teep Kecamatan Amurang Barat.

Ketua tim dalam sambutannya mengatakan, sangat berterima kasih atas kunjungan Bupati Minsel di kantor Kementerian Kehutanan RI pada waktu lalu.

“Kami memberi apresiasi untuk ibu yang telah berkunjung di Kementerian Kehutanan RI, untuk membawa laporan pelaksanaan kegiatan menaman satu miliar pohon di Minsel,” kata Onesimus dihadapan Bupati Minsel.

Bahkan, ketua tim juga melaporkan kedatangannya di Kabupaten Minsel, untuk menilai langsung sejauh mana program tersebut dilaksanakan di Minsel. Apalagi, Minsel sebagai Juara I untuk kategori (Kabupaten) di Tingkat Provinsi Sulut dalam program menanam satu miliar pohon bersama dengan Kota Bitung sebagai pemenang di kategori (Kota) di Tingkat Provinsi Sulut.

Lebih lanjut Dia mengatakan, dari beberapa kriteria penilaian pihak Kementerian Kehutanan RI dari Lomba Menanam Pohon Tingkat Nasional. Diantaranya, kinerja kelompok kerja penanaman satu miliar pohon dan realisasi bibit atau pohon yang ditanam.

“Kami telah menemui beberapa kelompok penanaman seperti Gereja, Mesjid, Rukun, Desa, Kelurahan dan beberapa Lembaga kemasyarakatan lainnya. Dan realisasi penanaman ada 10,8 juta lebih bibit anak pohon yang ditanam,” paparnya.

Dia juga meminta Bupati Minsel untuk membantu dalam doa agar, Minsel bisa meraih peringkat di Tingkat Nasional dalam lomba ini. Agar Minsel bisa meraih penghargaan yang akan diserahkan oleh Presiden.

“Di tingkat Nasional hanya 3 Kabupaten, 3 Kota dan 3 Provinsi yang bisa meraih penghargaan. Mudah-mudahan saja Minsel masuk kategori peringkat Nasional,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati sendiri dalam sambutannya mengatakan tetap akan menggalak program ini. Karena ayahandanya basic petani yang kemudian menjadi dosen, Rektor di Unsrat dari Fakultas Pertanian, tapi sayangnya sudah almarhum. Oleh sebab itu, dirinya tetap mengedepankan pertanian dan kehutanan di Minsel.

“Mudah-mudahan saja Minsel raih peringkat Nasional. Kalau memang ada kabupaten lain yang melebihi Minsel, tidak mengapa. Tapi kalau Minsel melebihi dari kabupaten lain di Indonesia, puji Tuhan dan Alhamdulilah,” ungkapnya, sambil mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari Kementerian Kehutanan di Kabupaten Minsel.”Dengan kunjungan ini saya ucapkan banyak terima kasih atas perhatian Pemerintah pusat terhadap Kabupaten Minsel, karena sudah mengunjugi Minsel,” ucapnya sambil tersenyum.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*