Selasa, 22 Oktober 2019

Wawali Manado : Pasar Tradisional Penyangga Utama Ekonomi Daerah

Wawali, harley mangindaan

Wawali Harley AB Mangindaan berada di Pasar Karombasan.

MANADO, (manadoterkini.com) – Kedepan Pemerintah Kota berencana melakukan revitalitasi pasar tradisional di Kota Manado. Pasalnya, pasar tradisional merupakan penyangga utama perekonomian daerah.

Dengan adanya revitalisasi pasar tradisional, secara otomatis akan memperkuat perkenomian. Untuk itu, kata Wawali Dr Harley AB Mangindaan, kedepan Pemkot Manado melalui Badan Perencanaan akan peningkatan status pasar tradisional, agar pembeli merasa nyaman dan sehat melakukan transaksi jual beli.

“Persoalan klasik pasar tradisional adalah kumuh, kotor, bau dan semeraut. Untuk itu butuh ditingkatkan status pasar. Kita akan lakukan hal itu, mengingat sudah ada anggaran yang dialokasikan untuk pembebesan lahan sesuai laporan dari Bapedda,” terang Wawali.

Disatu sisi Wawali berharap, ada langkah untuk memberikan kenyamanan serta peningkatan penghasilan bagi petani dan pedagang. Dijelaskannya, selama ini komoditas yang dijual di pasar tradisional terutama produk pertanian dan perkebunan tidak menguntungkan petani, meski memang mayoritas hasil komoditas petani dari luar kota Manado.

“Tapi, mengingat Manado tempat tujuan komoditas petani itu, tentu memiliki kepentingan untuk memberikan kenyamanan,” ungkap Wawali.

Bukan tidak mungkin dalam memberikan kenyamanan tersebut, akan dilakukan pasar lelang agar petani bisa merasakan keuntungan lebih besar untuk kesejahteraan hidupnya.

“Untuk itu perlu ada kerjasama dengan Pemerintah provinsi dan Kabupaten/Kota khususnya di kota Manado dalam distribusi perdagangan, sehingga terwujudnya pasar tradisional bernuansa modern serta membentuk pasar lelang komoditi,” ujar Wawali.

Lanjut Wawali, ada 7 kriteria modernisasi pasar tradisional yakni, bersih, sehat yang artinya produk dijual tidak kadaluarsa, tertib aturan yang tentunya harus jujur tidak melakukan kecurangan dalam ukuran timbangan serta tertata, dapat memberikan jaminan kepada konsumen dengan memberikan rasa aman dalam bertransaksi, dapat promosikan dan menjual produk domestik dengan baik, menjual usaha kecil menengah dan dapat meningkatkan pendapatan para pedagang setempat.

Pemerhati pemerintah Jhon Pade menegaskan, konsep terbarukan dari pemanfaatan pasar diera sekarang ini tentu perlu diperkuat dengan manajemen yang mampu memecahkan masalah dan berpikir kedepan.

“Masalah-masalah klasik yang selalu muncul sebagian besar dikarenakan tidak kuatnya SDM di pasar yang se olah-olah orang “buangan”. Tapi sejujurnya apabila di berikan tanggung jawab memenej dan mengatur nya sendiri bak perusahaan, kami yakin pasar di Manado yang memiliki semua potensi positif, akan lebih menyenangkan di kunjungi,” ujar Pade.(mlz)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*