Minggu, 21 Juli 2019

Tunggu Perda Revisi, Perangkat Desa di Minsel Diwajibkan Berijasah SMA

AMURANG, (manadoterkini.com) – Sesuai aturan terbaru dalam hal ini Undang – undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa mengharuskan agar kedepan perangkat desa harus mengantongi ijasah minimal SMA sederajat. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa (BPMPD) Minsel Ollyvia Lumi, SSTP Msi didampingi Kabid Pemerintahan Desa, Harry Saroinsong mengatakan, aturan ini akan dilaksanakan dan diberlakukan setelah Peraturan Daerah (Perda) direvisi.

“Revisi Perda tentang Desa yang disinkronkan dengan aturan baru sementara dalam proses pengusulan ke pihak legislatif,” ujarnya.

Terkait dengan itu ada sekitar lima Perda yang akan diusulkan untuk direvisi, masing-masing Perda tentang Pilhut, BPD, Perangkat Desa, Badan Usahan Milik Desa, dan tata kerja pemerintahan desa.

Sebelum Perda tersebut direvisi BPMPD belum bisa mengeluarkan instruksi untuk penyesuaian termasuk pergantian perangkan desa berijasah SMA sederajat. Selain itu Pemkab juga menunggu aturan yang akan menjadi dasar untuk pelaksanaan.

Ditempat terpisah Kepala Bagian (Kabag) Hukum Setdakab Minsel, Lucky Tampi SH menjelaskan sebelum Perda direvisi, penerapan UU nomor 6 tahun 2014 khusunya pasal 50 ayat 1 UU belum bisa diterapkan.

“Memang setelah aturan diundangkan, masih diberi tengat waktu untuk penyesuaian,” ujarnya.(dav)

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*