Jum'at, 18 Oktober 2019

Tindaklanjuti LHP BPK-RI, Walikota Manado Pantau SKPD Melalui Sosial Media

GSVL : Ayo Semangat Selesaikan Rekomendasi Temuan BPK –RI!

manado, walikota

Walikota GSVL menyemangati SKPD tindaklanjuti rekom BPK melalui Sosmed

MANADO, (manadoterkini.com) – Perkembangan teknologi dan informasi belakangan ini membuat jajaran Pemkot Manado secara tidak langsung harus menyesuaikan dengan tuntutan zaman tersebut. Tak ayal, meski Walikota Dr GS Vicky Lumentut, disibukan dengan agenda keluar daerah, tetap memantau perkembangan jajaran aparatnya melalui sosial media (Sosmed) ForS One, termasuk tindaklanjut LHP BPK-RI.

Dimana Group Sosmed Fors One itu sendiri, dibuat atas kreativitas dari Kabag Humas dan Protokol Pemkot Manado, Franky Mocodompis. Menurut Mocodompis, pembuatan group Fors One di sosmed tersebut, guna memposting semua kegiatan yang dilakukan oleh SKPD yakni Dinas, Badan dan Camat di wilayah Kota Manado.

Dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat, dan apa yang menjadi kendala dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat. Ditambahkannya,semua Pejabat dan Kepala SKPD Dinas, Badan hingga Camat masuk dalam Sosmed Fors One itu. Bahkan Walikota GSVL selalu memantau dan memotivasi semua jajarannya, lewat status-statusnya di Sosmed Fors One.

“Seperti status Pak Walikota GS Vicky Lumentut, terkait dengan tindak lanjut rekomendasi BPK-RI. Ayo semangat, selesaikan rekomendasi temuan BPK RI. Tahun depan, Manado Wajib raih opini WTP,” ujar Mocodompis, seraya menambahkan bahwa, Pak Walikota GS Vicky Lumentut juga, banyak menerima laporan dan keluhan-keluhan warganya di Akun Facebook Pak Walikota, terkait pelayanan terhadap masyarakat yang tidak optimal.

Seperti diketahui semua potensi guna memaksimalkan kinerjapun ditempuh. Usai melaksanakan rapat evaluasi terhadap LHP BPK pekan lalu yang berlangsung hingga tengah malam, mantan Sekda Kota Manado ini kemudian menugaskan Wakil Walikota, Dr. Harley A. B. Mangindaan dan Sekda, Ir. M.H.F. Sendoh melaksanakan expose LHP BPK tersebut.

Dalam expose tersebut, terdapat 2 LHP yang disajikan dengan jumlah 31 temuan. Terhadap temuan tersebut, Walikota GSVL, merasa optimis Kepala SKPD dan seluruh pihak terkait akan dapat menyelesaikan rekomendasi tersebut tepat waktu.

“Pada rapat evaluasi lalu saya sudah memberi arahan, petunjuk, dan motivasi kepada para Kepala SKPD agar melaksanakan pengendalian internal terhdap pelaksanaan program dan kegiatan. Pengendalian dimaksud tentunya bertujuan agar segala persoalan dan potensi masalah dapat diketahui, dianalisa, dan dicarikan jalan keluarnya. Saat itu juga saya sudah instruksikan agar semua temuan dapat disusun rencana aksinya dan semua persyaratan administratif terhadap tindak lanjutnya dapat segera dipenuhi dan diselesaikan tepat waktu sebagaimana disyaratkan,”jelas Walikota yang disampaikan jubir Pemkot Manado itu.

Sementara itu terhadap 31 temuan yang termuat dalam 2 LHP, Walikota Manado melalui Kepala Inspektorat, Andre Hosang, S.E, M.Si. didampingi Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Barang Milik Daerah, Drs. Manarsar Panjaitan, M.Si. menyatakan optimismenya terhadap penyelesaian tindak lanjut dari rekomendasi BPK RI.

“Meskipun hanya mendapatkan opini WDP, pencapaian kita sebenarnya mengalami kemajuan signifikan. Begitu juga dengan jumlah temuannya meski berjumlah 31, hampir seluruhnya merupakan rekomendasi bersifat penyelesaian administratif. Apalagi kita telah memperlihatkan kemajuan yang sungguh-sungguh terhadap catatan-catatan yang disampaikan para auditor. Bahkan dalam sepekan ini ada beberapa skpd sudah menyelesaikan rekomendasi temuannya. Kemajuan kita yang sangat signifikan adalah terkait dengan dokumen yg tidak terverifikasi akibat bencana, yang semula berjumlah 51 milyar lebih, tapi atas dorongan Pak Wali, kita semua bekerja keras hingga berkurang 14 milyar,”terang Hosang dan Panjaitan.(ald)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*