Rabu, 23 Oktober 2019

Pemkot Manado Mantapkan Relokasi Pasar Bahu ke Malalayang

MANADO, (manadoterkini.com) – Keberadaan Pasar Bahu, memang sudah tidak layak lagi. Untuk itu, rencana Pemerintah Kota Manado memindahkan lokasi ke Malalayang dinilai sudah tepat. Hal ini disampaikan tokoh masyarakat Minanga Indah, Malalayang Dua, Jekson Sulangi SH.

Menurutnya, wilayah Kelurahan Bahu sudah masuk kawasan bisnis di Kota Manado. Makanya, langkah Pemkot Manado merelokasi pasar Bahu sudah tepat.

“Tidak bisa dipungkiri pasar Bahu memang sudah tak layak lagi dijadikan pasar tradisional. Lihat saja akses jalan menuju Batu Kota sudah menjadi tempat warga berjualan, padahal jalan tersebut bisa dijadikan akses untuk mengurai kemacetan di Kota Manado,”tutur Sulangi.

Ditempat terpisah, Kepala Bappeda Manado Peter Assa mengatakan, Pasar Bahu memang rencananya akan dipindahkan, dan tahun ini sudah dianggarkan di Disperindag untuk pembebasan lahan pasar di Malalayang.

“Prosesnya sementara berjalan, dan progresnya nanti akan dikondimasikan ke Dinasperindag Manado, sudah sampai di mana prosesnya itu,” terang Assa.

Kadisperindag Manado Fanny Sirang yang dikonfirmasi terkait dengan rencana revitalisasi dan pemindahan pasar Bahu mengatakan, telah dianggarkan Rp1,5 miliar untuk pembebasan lahan. Nanti berkembang di rapat dan besaran lahan yang nantinya dibebaskan kemungkinan akan berkembang di dalam rapat nanti.

“Untuk mencapai penuntasan pembebasan lahan ada proses yang diawali pembentukan tim dan persiapan dan perencanaan bias memakan waktu hingga 580 hari sesuai aturan. Kita juga harus menunggu SK dari pertahanan dan provinsi sulut,” kata Sirang. (mlz)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*