Minggu, 21 Juli 2019

Bank Indonesia : Kondisi Kesejahteraan Sulut Meningkat !

bank indonesia

Luctor Tapiheru

MANADO, (manadoterkini.com) – Ditengah lanjunya pertumbuhan ekonomi, kondisi kesejahteraan dan ketenagakerjaan di Sulawes Utara (Sulut), tak luput mengalami perkembangan yang cukup baik. Hal ini tercermin dari berbagai indikasi pada indikator kesejakteraan dan tenaga regional.

“Kondisi kesejakteraan Sulut yang meningkat terbatas dari 180,33 juta pada triwulan satu, menjadi 182,33 juta pada triwulan dua 2014,”kata Direktur kantor Perwakilan Bank Indonesia, Sulawesi Utara, Luctor Tapieheru.

Dimana sektor pertanian yang merupakan penyerap tenaga kerja terbesar mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Tercatat rata-rata Nilai Tuka Petani (NTP) dari Rp 98,21 juta (triwulan 1) menjadi Rp 99,85 pada triwulan dua tahun 2014.

“Dari sisi tenaga kerja jumlah Sulawesi Utara tercatat tumbuh 6,37 persen, sejalan dengan meningkatnya Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) ke angka 66,14 persen,”ungkapnya.

Manurutnya lagi, tingkat pengangguran dapa terjaga relatif stabil di angka 7,26 persen. “ Hasil survey kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulut, menujukan peningkatan rata-rata ketersediaan lapangan kerja di triwulan laporan,”kuncinya.(mlz)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*