Minggu, 21 Juli 2019

Pemkab Minsel Diminta Tertibkan Galian C Illegal

AMURANG, (manadoterkini.com) – Sejumlah masyarakat yang ada di Desa Marwasey, Kecamatan Tumpaan dan warga yang ada di Desa Tawaang Kecamatan Tenga meminta Pemkab Minahasa Selatan (Minsel) dalam hal ini instansi terkait yakni Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) agar segera menertibkan sejumlah tambang galian C yang ada di desa mereka.

Pasalnya, hal ini akan mengancam warga yang tinggal di seputaran sungai yang ada di Desa Marwasey dan Desa yang dilintasi sungai tersebut, seperti Desa Matani dan Popontolen. Menurut salah satu warga Marwasey Sem Rorong, aktifias tambang galian C di Sungai Marwasey sudah sangat memprihatinkan.

“Kami minta Pemkab jangan hanya diam terkait masalah ini, karena ini sangat berbahaya, apalagi saat ini musim penghujan, takutnya ini akan berdampak pada kerusakan lingkungan. Lebih parah lagi galian C di sungai tersebut sudah tidak lagi mengunakan tenaga manusia akan tetapi mengunakan alat besar. Jadi kami minta Dinas terkait segera menertibkan Aktifitas galian C ileggal tersebut,” ujarnya.

Hal senada disampaikan M Rumengan warga Desa Tawaang Kecamatan Tenga, menurutnya aktifitas tambang galian C di Desa Tawaang saat ini benar-benar memprihatinkan dan perlu ada teguran keras dari instansi terkait.

“Yang saya takutkan saat ini aktifitas pertambangan sudah mulai merusak sejumlah area pertanian warga,” ujarnya.

Sementara itu, Pemkab Minsel melalui Kepala Distamben Minsel Pengky Terok S.Sos yang dikonfirmasi manadoterkini.com mengungkapkan, pihaknya beberapa waktu lalu telah memanggil Hukum Tua Desa Tawaang dan Marwasey dan memerintahkan untuk menghentikan aktifitas tambang galian C di Sungai Marwasey dan Sungai Tawaang.

“Memang kami telah menerima laporan tersebut, bahkan Kumtua di dua Desa tersebut sudah saya panggil. Bila sampai saat ini aktifitas masih terus dilakukan, kami Pemkab tidak segan-segan akan menempuh jalur hukum. Dalam waktu dekat Pemkab akan membentuk tim gabungan untuk menghentikan semua pengoperasian tambang galian C ilegal di Minsel,” tandasnya.(dav)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*