Rabu, 23 Oktober 2019

Golkar-PDIP Bakal Berkoalisidi Pilkada Minsel 2015

PDIP, Golkar

Tetty Paruntu – Franky Wongkar

AMURANG, (manadoterkini.com) – Meski secara aturan bisa mengusung calon sendiri, namun di Pilkada Minsel 2015 mendatang, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bakal memilih sikap terbuka dan siap berkoalisi dengan partai lainnya. Hal ini dikatakan langsung Sekretaris DPD PDIP Sulut, Frangky Wongkar SH.

Menurut Wongkar, dalam mengusung calon kepala daerah, PDI-P memiliki mekanisme.”Soal bagaimana mekanismenya kita belum tahu, karena masih menunggu petunjuk pelaksanaan dari DPP. Tapi biasanya, ada mekanisme pendaftaran baik dari internal maupun eksternal termasuk mekanisme survey dan nantinya siapa figur yang akan diusung, akan diputuskan oleh DPP,” katanya.

Sementara itu ditempat terpisah, pengamat politik Minsel Alfrets Rorimpandey mengatakan, jika Golkar dan PDIP bersatu dalam Pilkada 2015 mendatang, pesta demokrasi Bupati dan Wakil Bupati sudah selesai. Artinya, pasangan yang mereka usung sudah pasti menang.

“Dana politiknya juga tidak banyak kalau dua parpol besar ini berkoalisi. Partai Golkar yang sudah semakin pasti akan mengusung sang Incumbent Christiany Eugenia Paruntu SE sebagai calon Bupati. Dan di PDIP Frangky Wongkar, karena yang bersangkutan merupakan sekretaris partai yang juga putra asli Minsel, dan juga bisa ada figur lain yang akan PDI-P usung untuk maju nanti,” urai Rorimpandey.

Ia menambahkan, kekuatan koalisi dua parpol besar sulit ditanding pasangan cabup/cawabup lain. Sebab, struktur kekuatan mereka sudah mengakar sampai ke Desa/Kampung. Plus, didongkrak dengan finansial yang cukup.

“Akan tetapi, itu semua tergantung para petinggi kedua parpol. Karena, masing-masing parpol baik Golkar maupun PDIP punya mekanisme dan aturan main,” tandasnya.(dav)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*