Rabu, 23 Oktober 2019

Menhub Kucurkan Rp12,6 M Untuk Pelabuhan Manado

Kawal Transportasi Sulut, Lape : Dermaga 3 Pelabuhan Manado Harus Selesai Tahun ini

manado, menhub

Kunjungan Menhub di Pelabuhan Manado

MANADO, (manadoterkini.com) – Menteri Perhubungan (Menhub) RI EE Mangindaan, mengatakan, telah mengkucurkan anggaran Rp12,6 miliar untuk pembangunan Dermaga III pelabuhan Manado. Telah banyak perubahan yang signifikan soal transportasi laut di Manado.

“Banyak perubahan di Manado, tapi saya ingin dermaga tiga selesai tahun ini. Awalnya memang ada kendala di pusat terkait pemotongan anggaran akibat kenaikan BBM dan yang kena pelabuhan Manado, tapi kini sudah normal. Rp12,6 miliar untuk pembangunan dermaga dan saya sudah cek telah melalui kualifikasi lelang. Berarti sudah bisa cair anggaranya dan kemudian pasti bisa selesai pekerjaan tahun anggaran 2014,” beber lape sapaan akrab bapak Torang Samua Basudara tersebut saat mengunjungi pelabuhan Manado baru-baru ini.

Lanjut Lape, dalam peninjauan pelabuhan manado karena ingin melihat konsep pelabuhan manado ini seperti apa. Rupanya konsepnya, setelah selesai terminal dikawasan pelabuhan penumpang akan pindah ke dermaga tiga, karena fokusnya ke pelabuhan penumpang dan pariwisata termasuk barang. Akan hal itu menurut Lape, tentunya musti ada perubahan disini (Pelabuhan, red), karena kalau bicara penumpang pariwisata, apakah ada pos pariwisata atau information center pariwisata.

“Karena pariwisata sasarannya kalau tidak Bunaken kearah Sangihe. Jadi harus siapkan space untuk pengembangan pelabuhan pariwisata tersebut. Begitu juga kondisi kantor di pelabuhan manado terlalu sempit dan terkesan kumuh. Saya berharap rencanakan supaya pindah kearah mencorong ke pasar karena spacenya saya melihat masih besar. Akan masukan saya ini saya tunggu di DPR RI, kalau diajukan bulan depan tentunya akan keluar anggarannya 2015, sehingga kita bisa mulai action pada 2015 terkait dengan kantor dan fasilitas penunjang lainnya di pelabuhan Manado,” pesan Lape.

Terkait dengan dermaga yang akan diperpanjang harus di redesain master plan, karena kelihatanya di pelabuhan manado ini perkembanganya cepat sekali.

“Saya juga mengecek, masih ada juga kapal di luar yang tidak sandar di dermaga karena sudah penuh. Saya usulkan harus ada reklamasi kedepan dengan kerjasama pelindo dan akan dikawal melalui APBN. Ini agar untuk kargo dan barang bisa lebih tenang metika lakukan pembongkaran muatan. Hanya perlu diperhatikan akses jalannya harus lebih bagus dan lebar. Saya harapkan ada gabungan master plan pelabuhan Pelindo dan Pemkot agar sejalan, agar tidak ada saling menyalahkan nanti kedepan,” ujar Lape.(ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*