Minggu, 21 Juli 2019

DPRD Manado Warning Pembayaran PBB

PKS, DPRD Manado

Syarifudin Saafa

MANADO, (manadoterkini.com) – Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Manado mendapat warning anggota DPRD Manado Syarifudin Saafa. Hal ini terkait keluhan masyarakat lantaran pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang dinilai rawan penyimpangan.\

“Warga sendiri yang minta agar proses pembayaran PBB diarahkan saja ke Bank, bukan lagi melalui kantor Dispenda seperti saat ini, karena sangat rawan penyimpangan,”kata Saafa.

Dia pun minta pengawasan Walikota dan Wakil Walikota akan kinerja instansi tersebut yang terkesan tidak profesional. Untuk itu kinerja Dispenda Manado masih perlu dioptimalkan lagi.

“Penerapan sistem di Dispenda Manado masih terlihat amburadul. Makanya perlu perhatian Walikota dan Wakil Walikota. JikakKinerja yang masih buruk ini dibiarkan maka akan menimbulkan citra buruk, terkait pelayanan publik yang dilakukan pemerintah Kota Manado,”terangnya.

Selaku wakil rakyat, Saafa mengaku prihatin bila pimpinan SKPD yang diberikan koreksi belum juga menunjukan perubahan dalam kinerja.

“Kami selaku wakil rakyat memiliki tanggung jawab untuk mengingatkan. Tugas pengawasan inillah yang kami nilai sangat positif dalam mendorong kinerja eksekutif. Pimpinan SKPD perlu diberikan kritikan untuk mengevaluasi dan meningkatkan kinerjanya,”ungkap Saafa.

Ditambahkannya, penurunan kinerja berdasarkan pengalaman sebelum pembayaran PBB menjadi wewenang pemerintah daerah. “Dulu sebelum diserahkan ke Pemerintah daerah pengolahan PBB disetor ke Bank. Kini malah sebaliknya, pemabayaran dilakukan di kantor Dispenda Manado. KPP Pratama sudah memberikan sistem yang baik dan profesional, ditambah lagi dengan kondisi kantor serta bangunan yang representatif dengan peralatan menunjang harusnya menunjang peningkatan kinerja Dispenda Manado,”sindirinya.(ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*