Rabu, 23 Oktober 2019

Desembar Launching Tahapan Pilkada Kabupaten/Kota di Sulut

MANADO, (manadoterkini.com) – Jika tidak ada aral melintang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di 5 Kabupaten/Kota di Sulut akan dilaksanakan serentak Juni 2015 nanti. Makanya direncakan Desember nanti akan dilaksanakan launching tahapan resmi Pilkada.

Menurut anggota KPU Sulut Vivi George, dalam waktu dekat ini tahapan persiapan sudah akan dimulai. Yakni, September hingga November dijadwalkan rancangan tahapan Pilkada.“Kita akabn merancang aturan bagi penyelenggara dan persiapan juknis,”katanya.

Lanjutnya, Desember 2014 akan dilaksanakan perekrutan dan pelantikan penyelenggara serta persiapan logistik dan launching.
“ itu sususnan renana jadwal rancangan persiapan Pilkada. Namun, saat ini kami sedang menunggu petunjuk terbaru dari KPU RI terkait aturan pelaksanaan Pilkada,”tuturnya.

Kemungkinan akan ada aturan baru bahwa Pilkada akan dilaksanakan Oktober 2014. “Kita tetap menuggu aturan terbaru dari KPU RI,”tandas George.

Diketahui dasar hukum Pilkada berpedoman pada UU No 12 tahun 2008 tentang perubahan UU 32 tahun 2004, PP 49 tahun 2008 tentang perubahan ke 3 PP No 6 tahun 2005, PKPU No 9 tahun 2010, PKPU No 12 tahun 2012. Sedangkan Kabupaten/Kota yang akan dilaksanakan serentak diantaranya Minsel, Minut, Manado,Bolsel dan Boltim.(tr3)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*