Minggu, 21 Juli 2019

Rencana Revitalisasi Lapangan Tikala Dengan Konsep Retarding Basin

manado

Gambar rencana revitalisasi lapangan Tikala

MANADO, (manadoterkini.com) – Belajar dari pengalaman banjir bandang Januari lalu, sehingga melahirkan ide dari Walikota GS Vicky Lumentut, untuk merevitalisasi lapangan tikala. Kepala Bappeda Kota Manado Bartje Assa Ph.D, tak menampik akan rencana Pemkot Manado tersebut. Kepada manadoterkini.com, Bart sapaan akrab mantan Kadis Pariwisata tersebut menuturkan revitalisasi lapangan tikala akan memakai konsep retarding basin.

Nantinya kata Assa, selain akan ditata sebagai tempat olahraga seperti lapangan Volly Ball, Tenis lapangan, Lintasan lari serta tempat parkir juga akan berfungsi penampung air jika terjadi banjir disekitar lapangan tikala. “Memang lapangan tersebut dapat berfungsi sebagai retarding basin bila terjadi genangan banjir di sekitar kawasan. Air akan masuk ke lapangan dan ditampung sementara hujan turun. Ketika hujan berhenti, dan muka air di badan sungai sudah turun, maka air di retarding akan dialirkan baik secara gravitasi maupun pompa ke saluran/sungai,”ujar Assa.

Lanjut dikatakan Assa, rencana bukan hanya sparta tikala tapi diseputaran Stadion Klabat dan daerah lain yang memungkinkan. Karena untuk daerah yang bukan milik pemerintah biasanya sulit untuk dilakukan pembebasan tanah. “Perlu diketahui, salah satu tertundanya RTRW diperdakan, karena Pak Wali mengharuskan BKPRD memasukkan konsep zero delta Q dan retarded basin dalam RTRW. Sekarang RTRW kota Manado sudah diundangkan. Ini berarti semua aturan pemanfaatan lahan dan indikasi programnya harus dilaksanakan dan ditaati,”tandasnya.(ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*