Minggu, 20 Oktober 2019

Kumtua dan Perangkat Desa Minsel Pertanyakan Empat Bulan Tunjangan

AMURANG, (manadoterkini.com) – Sejumlah Hukum Tua (Kumtua) dan Aparat Pemerintah Desa di Minahasa Selatan, gelisah mempertanyakan pembayaran tunjangan perangkat Desa (TPD) untuk 4 bulan terakhir di tahun 2014. “Kami minta Pemkab dalam hal ini Bupati untuk memperjuangkan sehingga TPD 4 bulan masih bisa dibayarkan pada tahun anggaran 2014 ini,” ujar Jefry salah satu perangkat Desa di Kecamatan Motoling Raya.

Sementara itu Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu, SE, didampingi Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Ollyvia Lumi SSTP MSi, meminta agar Kumtua dan Perangkat Desa se-Minsel agar jangan berkecil hati. Karena Pemkab Minsel sudah mengalokasikan anggaran sekitar Rp 5 miliar untuk membayar sisa Tunjangan Perangkat Desa mulai September.”Memang tunjangan untuk 4 bulan terakhir belum sempat dimasukan dalam APBD 2014, namun untuk sisa TPD (September, Oktober, November dan Desember) akan tetap diusulkan dan dimasukan dalam APBD-Perubahan 2014,” ujarnya.

Diketahui tunjangan Hukum Tua perbulan Rp 1.250.000. Sekdes Non PNS Rp 750.000 perbulan. Pala, Rp 500.000 perbulan, Kaur Rp 500.000 perbulan. Meweteng Rp 500.000 perbulan, Anggota BPD Rp 100.000 perbulan. Bupati Tetty Paruntu yang juga istri tercinta Kristovorus Deky Palinggi, SE menambahkan apa yang sudah menjadi berkomitmen dengan perangkat desa, pasti ditindaklanjuti. Pasalnya, Kumtua dan Perangkat Desa sebagai ujung tombak dalam pelayanan kepada masyarakat, bila memungkinkan pada tahun anggaran 2015, TPD untuk kumtua dan perangkat desa akan dinaikan.”Kami akan berupaya agar tunjangan Kumtua dan Perangkat bisa naik pada 2015 nanti,” tutupnya.(dav)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*