Senin, 22 Januari 2018

Sumendap : RUU Pilkada Pemasungan Politik dan Berdemokrasi Rakyat

RATAHAN, (manadoterkini.com) – RUU Pilkada akan mengembalikan pemilihan kepala daerah oleh DPRD adalah bentuk pemasungan hak politik dan hak berdemokrasi rakyat. Demikian kecaman Bupati Minahasa Tenggara, James Sumendap SH, Rabu (17/9) dihadapan para generasi muda yang melakukan demo.“Saya mengutuk jika kemudian RUU Pilkada melalui DPRD ini disahkan oleh DPR RI,”ujar Sumendap ketika menerima demo generasi muda.

Mantan anggota DPRD Provinsi Sulut itu, meminta para wakil rakyat di senayan agar membuka mata hati nurani. Bahkan Sumendap berjanji akan melakukan judicial review di Mahkama Konstitusi (MK), bila RUU itu nantinya disahkan menjadi Undang-Undang. “Kita yang pertama akan ajukan judicial review ke MK,”kata salah satu keder terbaik partai berlambang banteng moncong putih itu.

Sebagai komitmen penolakannya terhadap RUU Pilkada itu, Sumendap membubuhkan tanda tangan pada spanduk yang dibawa para generasi muda. Menariknya, Bupati juga mengajak PNS bersama masyarakat untuk menolak RUU tersebut.“Saya sendiri dipilih rakyat, jika selanjutnya kepala daerah dipilih oleh DPRD, itu sama artinya dengan pencabutan hak rakyat,” tandasnya.(van)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*