Sabtu, 21 September 2019

Dialog Kepemudaan Bertajuk “Menuju Mitra Hebat”

Sumendap Dorong Pemuda Pengerak Pembangunan

RATAHAN, (manadoterkini.com) – Dialog kepemudaan bertajuk “Menuju Mitra Hebat” yang digagas Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Majelis Pemuda Indonesia (MPI) dalam rangka satu tahun kepemimpinan James Sumendap SH dan Ronald Kandoli, sebagai Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Tenggara, berlangsung sukses.

Kegiatan yang menghadirkan tokoh Politik dan Akademisi asal Minahasa Tenggara sebagai pembicara menjadi pendorong bagi generasi muda dalam pembangunan.

Seperti yang diungkapkan Bupati Minahasa Tenggara, James Sumendap SH. Menurutnya generasi muda harus menjadi pengerak pembangunan.

“Ya, pemuda harus bergerak demi kemajuan bangsa dan negara ke depan. Bukan hanya jadi pelaku, tapi dituntut juga menjadi penggerak,” kata Sumendap mendorong generasi muda Mitra.

Lanjut mantan Ketua KNPI dan MPI Minahasa Selatan itu, banyak potensi yang dimiliki pemuda. Untuk itu dibutuhkan strategi peran pemuda dalam pembangunan daerah.

“Motivasi adalah yang utama untuk membangun Mitra. Paling penting membentuk karakter pemuda, yang dibentuk mulai dari keluarga, sekolah, bersosialisasi di masyarakat, kemudian dalam organisasi keagamaan atau pemuda. Ini awal pembentukan karakter, membentuk jati diri lebih dewasa dalam pengambilan keputusan nanti. Untuk itu, peran generasi muda sangat penting untuk pembangunan di daerah,”ungkap Sumendap.

Sementara itu, Wakil Ketua Sementara DPRD Mitra Tonny H Lasut AmTm menjelaskan kepada para peserta dialog yang terdiri dari Generasi Muda, Tokoh-Tokoh Pemuda, Kumtua, dan jajaran Pemkab Mitra, serta masyarakat luas, terkait dengan kegiatan-kegiatan organisasi masyarakat, termasuk kepemudaan, dalam penganggarannya harus sesuai aturan. “Kami sangat mendukung kegiatan untuk meningkatkan kreatifitas pemuda, namun dalam penganggarannya harus jelas organisasi dan harus sesuai aturan,” tukasnya.

Senada diungkapkan Politikus dan Akademisi Drs Ronny Gosal, dalam pemaparannya menitikberatkan pada pendidikan politik dan strategi kepemimpinan.

“Dalam kepemimpinan pasti menggunakan strategi politik, dan yang paling pertama adalah lobby atau pendekatan. Blusukan termasuk strategi politik, bagaimana strategi bupati selaku kepala daerah mensejahterakan masyarakat dengan berbagai aspek-aspek pendekatan,” jelasnya.

Pemerhati Pertanian dan Akademisi Ronny Soputan, menjelaskan soal pengendalian pertanian serta pemanfaatan lahan berbasis rakyat dan pemuda. “Banyak potensi pertanian di Mitra, yang harus diolah dan ini sangat baik jika dimulai oleh generasi muda, apalagi ini sangat didukung oleh pemerintah daerah,” tandasnya.(van)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*