Minggu, 20 Mei 2018

Gunung Soputan Berstatus Siaga, Sumendap Minta Warga Waspada

Mitra

James Sumendap tinjau Gunung Soputan.(ist)

RATAHAN, (manadoterkini.com) – Warga Minahasa Tenggara yang tinggal dikaki Gunung Soputan menjadi perhatian serius Bupati James Sumendap SH. Tak ayal saat meninjau aktivitas gunung berapi teraktif di Sulut, Rabu (17/9) Bupati menghimbau agar warga tatap waspada, mengingat status siaga.

“Status kini Siaga atau Level III. Makanya, saya minta tidak ada aktivitas di Gunung apalagi yang mau mendaki. Karena status Siaga ini melarang adanya pendakian di Gunung Soputan,”tegas Sumendap.

Badan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi Gunung Soputan (BPVMBGGS) juga telah menghimbau kepada masyarakat agar tidak beraktivitas atau melakukan pendakian, terkiat peningkatan status Gunung Soputan

Petugas pemantau Gunung Soputan, Asep, kepada manadoterkini.com, mengatakan bagi masyarakat atau pendaki dilarang melakukan aktivitas pada radius 4 KM dari puncak Gunung Soputan.

“Itu semua untuk mengindari ancaman, gempa, longsoran dan gas beracun. Dan pantauan aktivitas Gunung saat ini dalam proses mensuplay magma untuk pertumbuhan lava,” kata Asep.

Lanjut Asep menjelaskan, semenjak pemberitahuan ini dikeluarkan, pihaknya mempersilakan kepada masyarakat atau pendaki yang tetap memaksakan diri untuk melakukan kegiatan di Gunung Soputan.

“Tapi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada sona lokasi berbahaya yang sudah ditentukan, dari BPVMBGGS tidak akan beranggung jawab,”jelas Asep sembari menambahkan bahwa himbauan ini juga sudah ditujukan kepada Bupati Mitra James Sumendap.(van)

Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. Kalau bisa langsung muat aja di koran.
    biar masyarakat sekitar tau.. Karena masih banyak warga di sekitar yang tidak tau status Gunung Soputan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*