Sabtu, 24 Agustus 2019

Pemkot Manado Gelar Bimtek Penyusunan APBD Tahun 2015

GSVL : Mari Jauhkan Pikiran Untuk Ingin Menjatuhkan Pimpinan

manado

Sambutan Walikota GSVL

MANADO, (manadoterkini.com) – Pegawai yang mengelola keuangan pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) diharapkan mampu melaksanakan tugas dan kepercayaan yang diberikan pimpinan dengan baik. Apalagi, tugas mengelola keuangan di setiap instansi pemerintah rentan terhadap permasalahan hukum. Demikian diungkapkan Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Manado tahun 2015, di Sintesa Peninsula Hotel, Rabu (17/9).

Walikota juga mengingatkan Sekretaris Dinas/Badan, Pengelola keuangan dan operator e-SAKIP agar tidak memiliki pikiran untuk menjatuhkan pimpinan terkait APBD Kota Manado. Jika memiliki pemikiran seperti itu, kata Walikota, hukum alam akan berlaku. Karena, bukan tidak mungkin suatu waktu nanti mereka yang menjatuhkan pimpinan sekarang, kelak akan jadi pimpinan.

“Jauhkan dari pikiran untuk menjatuhkan pimpinan yang diatas. Kalau punya disain untuk menjatuhkan pimpinan, hukum alam akan berlaku. Siapa yang menabur pasti akan menuai, jika kelak dia menjadi kepala dinas atau kepala badan. Jika semuanya saling mendukung maka apa yang diprogramkan akan menjadi baik,”ungkap Walikota.

Selain itu, Walikota juga menandaskan, tugas sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah melayani kepentingan masyarakat. Olehnya, agar tidak terjerat hukum sebaiknya PNS rajin membaca aturan. Apalagi, setiap saat peraturan sering berubah-ubah. Olehnya, Walikota berharap peserta Bimtek bisa mengikuti kegiatan itu sampai selesai. Karena, ketidaktahuan dan ketidakmengertian tentang penyusunan anggaran akan mengakibatkan terjadinya kesalahan, imbasnya pimpinan yang diatas akan menanggung kesalahan itu.

“Disini (Bimtek),red) dilatih untuk memiliki tanggung jawab. Kalau ada kesalahan harus siap bertanggung jawab, jangan geser. Apalagi ini barang baru, jangan stel tau, tanya kalau tidak tahu,”pungkas Walikota.

Tampak hadir dalam pembukaan Bimtek, Sekretaris Kota (Sekkot) Ir Haefrey Sendoh, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Barang Milik Daerah (BPKBMD) Drs Manarsar Panjaitan sebagai penyelenggara, para kepala SKPD, Camat serta Lurah se-Kota Manado.(ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*