Minggu, 20 Mei 2018

Home Industri Motoling Timur Jadi Perhatian di Pemeran Kayuwatu

amurang

Home industri Minsel bisa dilhat di stand Pemeran Kayuwatu

AMURANG, (manadoterkini.com) – Potensi yang dimiliki Kabupaten Minahasa Selatan, kini bisa dilihat di pameran Pembangunan Kayuwatu, Manado. Seperti halnya home industri di stand Kecamatan Motoling Timur, menjadi daya tari tersendiri bagi pengunjung.

“Ya, inilah potensi yang dimiliki Kecamatan Motoling Timur. Selain pertanian dan perkebunan paling menonjol home industri warga yakni Gula Semut, Gula batu, Cap Tikus, Kue bangket, halua kacang, kacang gula, kacang goyang dan lainnya,”kata Camat Motoling Timur, Sammy Kaligis.

Khusus untuk potensi Cap Tikus, selain minuman beralkohol kadar tinggi, bisa juga dijadikan biogas, belakangan sebagai bahan kosmetik.

“Cap tikus memang bisa dijumpai di Motoling Raya, mengingat telah menjadi minuman budaya orang Minahasa sejak dulu kalah. Cap Tikus ini bahannya diolah dari pohon aren. Petani Cap Tikus sudah banyak yang menyekolahkan anak mereka, bahkan ada yang kini telah bergelar doktor,”ungkap mantan personil DPRD Minsel Setly Kohdong SH kepada manadoterkini.com, Kamis (18/9).

Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE, selang kempemimpinannya tak kenal lelah mempromosikan segalah potensi yang dimiliki Kabupaten Minasa Selatan. Tak ayal, potensi rumah panggung di Desa Mokobang serta potensi dapur hidupnya Sulut yakni Modoinding menjadi daya tarik investor luar negeri.

“Pontensi yang dimiliki Minahasa Selatan sangat menjanjikan. Untuk itu, pelebaran pelabuhan Amurang menjadi target kedepan agar potensi Minsel bisa dipasarkan ke luar daerah. Seperti halnya home industri dari masyarakat dan potensi lainnya,”pungkasnya.(tim)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*