Kamis, 20 September 2018

Walikota Manado : Program Kesehatan Gratis, Jangan Hanya Lips Service

Rapat Kerja Kesehatan Daerah Kota Manado

manado

Rapat kerja kesehatan daerah Kota Manado

MANADO, (manadoterkini.com) – Program unggulan pelayanan kesehatan gratis yang dikenal dengan istilah Universal Coverage (UC), sepertinya harus menjadi cambuk bagi seluruh jajaran Dinas Kesehatan Kota Manado, untuk lebih cepat dan tepat memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ada di Ibukota Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Hal ini seperti terkuak di hajatan Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Kota Manado, Kamis (18/09) tadi malam di Grand Kawanua Internasional Centre (GKIC) Mapanget.

Hajatan yang dihadiri seluruh Kepala puskesmas, dokter serta Pegawai Disnas Kesehatan dibuka secara resmi Walikota Manado GS Vicky Lumentut. Orang nomor satu di Kota Manado ini meminta dan mendesak agar para ujung tombak pelayan Kesehatan bisa memberi diri sepenuhnya.

“Tujuan digelarnya hajatan Rakerkesda ini tak lain untuk mengevaluasi semua apa yang telah dilakukan di tahun 2014 ini. Kalau masih ada program yang belum tercapai, masih ada waktu untuk ditambah dan diperbaiki lagi. Program yang telah dibuat, semoga dikaji dan diteliti sebaik-baiknya, agar bisa langsung dirasakan masyarakat,” ungkap Walikota GSVL.

Lanjutnya, salah satu program unggulan Pemkot Manado, yakni Kesehatan gratis atau Universal Coverage (UC) harus terus diketahui dan dirasakan semua masyarakat khususnya yang memiliki KTP Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) Kota Manado.

“Memang sudah banyak yang tahu, tapi masih ada yang tidak tahu. Jadi mari kita lebih serius melakukan program UC ini, dan perbaiki kelemahan yang ada. Saat saya tinjau dan berdialog dengan warga serta sejumlah pasien di rumah sakit belum lama ini, ada saja yang bertanya apa itu UC dan bagaimana menggunakan pelayanan Kesehatan gratis itu. Jadi ini tugas kita semua, rajin dan jangan bosan-bosan mensosialisasikannya,” saran GSVL penuh semangat.

Untuk itu, Walikota mengajak dipikirkan bersama jangan hanya lips service sekedar mensosialiasikan program UC. “Program Kesehatan gratis UC jangan hanya lips service semata, mari kita sungguh-sungguh melaksanakannya. Tapi itu harus jemput bola menerangkan terus, baik lewat media maupun iklan dan baliho seputar pelayanan Kesehatan gratis UC yang dirasakan sangat membantu perekonomian keluarga tersebut,” ujar Lumentut.(ald)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*