Minggu, 18 Agustus 2019

Dispeda Manado Disarankan DPRD Buka Loket PBB di Kecamatan

MANADO, (manadoterkini.com) – Mendekati hari jatu tempo pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) berdampak membludaknya warga mendatangi kantor Dinas Pendapatan Daerah. Pasalnya, PBB sudah diserahkan oleh KPP Pratama kepada daerah. Untuk itu Dispenda diminta membuka loket di Kecamatan agar warga tidak tertumpuk di kantor Dispenda.

“Ada baiknya Pemkot Manado dalam hal ini instansi teknis Dispenda membuka loket-loket di Kecamatan. Ini akan membantu warga dari segi efisiensi waktu dan tenaga,”kata personil DPRD Manado Sonny Lela.

Karena ini terbilang baru di Dispenda Manado, seharusnya sudah diantisipasi jauh hari. Karena penyerahan PBB-PP ke daerah tidak mendadak, namun sudah diwacanakan jauh sebelumnya.

“Ini harusnya telah diantisipasi, karena jauh hari telah diinformasikan. Kami pun telah mengingatkan semasa duduk di DPRD lalu. Perlu juga dipikirkan wajib pajak di Pulau, kalau bisa dibuat loket kusus, agar warga tidak sibuk-sibuk menyeberang lautan hanya untuk bayar pajak PBB,”katanya.

Kerja sama dengan Bank sehat juga perlu dipercepat, kalau pun perlu dukungan DPRD, pihaknya sangat terbuka untuk melakukan proses penyusunan Perda. “Yang jelas kita juga punya tahapan untuk menuju kesana. Namun langka cepat yakni penambahan loket hingga ke kecamatan,”tandas Politisi Partai Buru yang kini hijra ke Partai Golkar.

Diketahui, Walikota Manado GS Vicky Lumentut, telah menginstruksikan Dinas Pendapatan Daerah Kota Manado untuk lebih profesional melayani masyarakat, termasuk penegasan pemanbahan loket pelayanan.”Kami akui banyak laporan warga terkait proses pembayaran PBB di kantor Dispenda. Namun kita telah berupaya untuk melakukan penambahan loket sambil kita melakukan persiapan untuk kerjasama dengan salah satu Bank,”ungkapnya.(ald)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*