Kamis, 24 Mei 2018

11 Taruna STTD Pusat, PKL di Minsel

minsel

Sekda Minsel menerima kunjungan STTD

AMURANG, (manadoterkini.com) – Sedikitnya 11 Taruna dari Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Jakarta akan mengikuti Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Para Taruna STTD Jakarta ini, akan mengikuti PKL di Kabupaten Minsel selama 3 Bulan. Selama mengikuti PKL, taruna tinggal di Kantor Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minsel. Setiap hari mereka wajib turun ke lapangan untuk membuat database bidang perhubungan darat. Database yang dibuat terdiri dari empat sub bidang, yakni Rekayasa Lalu Lintas, Manajemen Angkutan Umum, Perencanaan Transportasi dan Keselamatan Transportasi.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Minsel Izak Rey menjelaskan, ke-11 Taruna tersebut akan belajar mengetahui beberapa hal, antara lain, rekayasa Lalu Lintas yang akan dihasilkan berfungsi untuk mengetahui volume kendaraan setiap ruas jalan. Dari volume tersebut secara tidak langsung akan diketahui kepadatan lalu lintas dan berbagai penyebab kemacetan yang terjadi.

Sedangkan Manajemen Angkutan Umum berfungsi untuk penataan jaringan trayek, terminal angkutan umum serta optimalisasi penggunaan angkutan umum. Lalu Perencanaan Transportasi berfungsi untuk mempermudah pendataan perencanaan jaringan trayek serta mengetahui gambaran pola pergerakan pengguna transportasi di Kabupaten Minsel.

“Tidak hanya itu, Database Keselamatan Transportasi berfungsi untuk mengetahui jumlah angka kecelakaan yang terjadi, mengetahui titik rawan kecelakaan lalu lintas, jumlah korban, baik yang meninggal maupun luka-luka akibat kecelakaan lalu lintas akan mereka pelajari juga,” katanya.

Sementara itu, sebelumnya ke-11 Taruna STTD tersebut, sebelum melaksanakn PKL di Minsel terlebih dulu mendatangi Kantor Pemkab Minsel untuk melapor ke Sekdakab Minsel Drs Danny Rindengan M.Si yang di dampingi Kadis Perhubungan Minsel Izak rey pada Senin (22/9) pagi tadi.(dav).

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*