Sabtu, 24 Agustus 2019

IHP Kota Bitung Untuk Eknomi Bangsa Indonesia

bitung

Sekot Bitung Ikut Rapat IHP di Kementerian.(ist)

BITUNG, (manadoterkini.com) – Pemerintah Kota Bitung siap mendukung semua kebijakan dari pemerintah pusat untuk memantapkan Pelabuhan Kota Bitung sebagai International Hub Port (IHP). Pasalnya, IHP di Kota Bitung bukan hanya kepentingan peningkatan perekonomian di Kota Bitung tetapi juga untuk kepentingan bangsa Indonesia.

Menurut Kabag Humas dan Protokol Pemkot Bitung, Erwin Kontu, Senin (22/9) Sekretaris Kota Edison Humiang, telah mengikuti rapat koordinasi bersama Bappenas, Kementerian Perekonomian dan Kementerian Perhubungan serta Pemerintah Kota Bitung dan Pemerintah Kabupaten Batubara di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI.

“IHP di Kota Bitung bukan hanya kepentingan peningkatan perekonomian di Kota Bitung tetapi juga untuk kepentingan bangsa Indonesia”ujar juru bicara Pemkot Bitung itu.

Dimana berdasarkan amanat Undang Undang Nomor 17 tahun 2008 tentang Pelayaran pada Pasal 150, pelabuhan utama yang berfungsi sebagai pelabuhan Hub Internasional harus ditetapkan oleh pemerintah. Kemudian berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 32 tahun 2011 tentang MP3EI tahun 2011–2025, Peraturan Presiden Nomor 26 tahun 2012 tentang Cetak Biru Pengembangan SISLOGNAS dan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 144 tahun 2013 tentang Penetapan Rencana Induk Pelabuhan Nasional dimana telah ditetapkan Pelabuhan Kota Bitung dan Pelabuhan Kuala Tanjung sebagai Pelabuhan Hub Internasional.

Rapat tersebut dibuka dan dipimpin Deputi Menko Perekonomian Bidang Koordinasi Perniagaan dan Kewirausahaan, Edi Putra Irawady dan dilanjutkan dengan presentasi mengenai“Persiapan Pembangunan Pelabuhan Bitung Kuala Tanjung” oleh Sekretaris Tim Kerja SISLOGNAS, Budi Santoso.

Irawady menyatak, di Indonesia hanya ditetapkan dua Pelabuhan Hub Internasional saja, dimana untuk Bagian Barat adalah Pelabuhan Kuala Tanjung Kabupaten Batubara dan untuk Bagian Timur adalah Pelabuhan Bitung Kota Bitung. Kedua pelabuhan itu merupakan pintu Masuk Indonesia ke atau dari luar negeri.

Untuk itu kata dia, akan disusun arah kebijakan yang lebih jelas, yaitu roadmap dan langkah pelaksanaan untuk pengembangan kedua Pelabuhan Hub Internasional sehingga dapat berkompetisi dengan pelabuhan yang ada di negara-negara di sekitar Indonesia.(*/tr1)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*