Sabtu, 21 September 2019

14 SKPD Pemkot Manado Terima Sertifikat Kepatuhan dari Ombudsman RI

manado

Penyerahan Sertifikat kepatuhan oleh Ombudsman kepada 14 SKPD Pemkot Manado

MANADO, (manadoterkini.com) – Kota Manado patut berbangga karena bisa masuk peringkat 5 besar dari 33 Provinsi dan 33 Kabupaten /Kota di Indonesia, dengan predikat kepatuhan terhadap standart pelayanan publik yang diberikan oleh Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Sulawesi Utara. 14 SKPD di lingkup Pemkot Manado yang menerima Sertifikat Kepatuhan oleh Kepala Perwakil Ombudsman RI, Sulut, Helda R. Tirajoh SH, disaksikan langsung Wakil Walikota Harley AB Mangindaan.

Dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik mengamanatkan bahwa setiap Penyelenggara Pelayanan Publik diwajibkan menyusun, menetapkan dan menerapkan Standar Pelayanan. Standar Pelayanan dimaksud sebagai tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan. Disamping itu juga salah satu area perubahan Reformasi Birokrasi sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi adalah Pelayanan Publik.

“Ini merupakan momentum yang ditunggu-tunggu Pemkot Manado. Pasalnya, telah terukur mengenai standar kepatuhan kualitas pelayanan sesuai dengan undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 dan peraturan Walikota yang ada,”ujar Wawali.

Lanjutnya, lebih profesional dan kompeten aparatur Pemkot Manado dalam hal melaksanakan penyelenggaraan pelayanan menjadi cita-cita semua. Untuk itu, Wawali berharap bukan hanya standar saja, namun bagaimana meningkatkan menjadi lebih baik mulai dari SOP, ketepatan waktu dan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya berharap ini adalah bentuk kerjasama yang baik dari bentuk nyata perubahan yang akurat, dan harus didukung oleh sumberdaya manusia yang mau bekerja cepat, tepat dan dapat bertanggung jawab untuk menghasilkan pelayanan prima,”pesan Ai sembari menuturkan rasa bangganya terhadap kerja keras segenap jajaran Pemkot Manado.

Kepala Bagian Organisasi dan Kepegawaian Setda Kota Manado, Innov TH. S. Walelang, S.Sos, M.Si, mengatakan kedepan penilaian pelayanan publik tidak hanya dititikberatkan pada kepatuhan terhadap standar pelayanan namun juga pada inovasi pelayanan atau ide-ide kreatif yang bisa dilakukan oleh unit pelayanan publik yang dikenal dengan istilah one agency one innovation.

Hadir dalam kegiatan ini para Assisten dan Staff Ahli,Pegawai dan Pimpinan dSKPD di jajaran Pemerintah Kota Manado serta para wartawan yang meliput langsung pemberian Predikat Standar Kepatuhan Pelayanan Publik. (ald)

Berikut SKPD Pemkot Manado penerima Sertifikat Kepatuhan dari Ombudsman RI :

  1. Dinas Tata Kota Nilai 945
  2. Dinas Sosial Nilai 905
  3. Dinas Pendidikan Nilai 905
  4. Dinas PU Nilai 885
  5. Dinas Pendapatan Daerah Nilai 875
  6. Dinas Kependudukan dan Capil Nilai 875
  7. Dinas Koperasi dan UMKM Nilai 885
  8. Dinas Kesehatan 850
  9. Dinas Kepegawaian dan Diklat 850
  10. Dinas KesbangPol dan Linmas 840
  11. Badan Lingkungan Hidup 835
  12. Dinas Perhubungan 830
  13. Dinas Tenaga Kerja 830
  14. Dinas Pelayanan Perijinan Terpadu 810
Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*