Minggu, 18 Agustus 2019

TNI Peduli Lingkungan di Lapangan Sparta Tikala

manado

Wawali dan salah satu prajurit TNI mengali resapan biopori di Lapangan Tikala

MANADO, (manadoterkini.com) – Rangkai HUT TNI ke 69 terus berlanjut, setelah sebelumnya melakukan pemeriksaan kesehatan dan sunatan gratis di Kecamatan Tuminting, Rabu (24/9) kembali TNI yang dipimpin Danrem 131/Santiago Brigjen Musa Bangun dan Wawali Harley AB Mangindaan, mencanangkan pembuatan lubang resapan biopori.

Bentuk kepedulian TNI akan lingkungan, diwujudkan dengan menggali resapan biopori sebanyak 180 lubang, dengan melibatkan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan pelajar serta jajaran Pemkot Manado.

“Pembuatan lubang biopori tersebut merupakan kerja sama TNI bersama seluruh Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) di Provinsi Sulut dan Kementerian Lingkungan Hidup,”tegas Danrem.

Danrem pun berharap pembuatan lubang biopori bisa menginspirasi masyarakat secara luas.”Semakin banyak lubang biopori yang dibuat, semakin kecil peluang bencana. Sebab resapan air bisa semakin baik,” terangnya.

Wawali sendiri mengatakan, pembuatan lubang biopori secara serentak nasional bisa ditindaklanjuti oleh warga Manado. “Saya berharap perhatian TNI ini ditindaklanjuti warga Manado. Tujuannya dalam kegiatan peduli lingkungan yang dimotori TNI untuk meningkatkan ketahanan lingkungan dari dampak perubahan iklim,” ungkap Wawali.

Disatu sisi dikatakannya, air merupakan unsur penting bagi semua bentuk kehidupan yang ada di bumi, sehingga perlu dijaga, dilindungi dan dilestarikan. “Ketersediaan air yang berkualitas semakin berkurang, karena itu diperlukan upaya konservasi air tanah melalui lubang resapan biopori. Atas nama Pemkot Manado memberikan apresiasi serta ikut memberikan motivasi bagi kami pemerintah dan masyarakat Manado untuk lebih sadar akan lingkungan hidup. Aksi ini tentunya akan kami lanjutnya,” kunci Wawali. (ald)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*