Minggu, 20 Mei 2018

Walikota Manado : Biarkan Masyarakat Menilai, Kita Tunggu Kekuatan Hukum Tetap

UU Pilkada Oleh DPRD Lolos

manado

Ketua APEKSI Dr GS Vicky Lumentut SH MSI DEA

MANADO, (manadoterkini.com) – Anggota DPR – RI akhirnya meloloskan pemilihan kepala daerah kembali dipilih oleh DPRD. Tak ayal, hal itu menjadi tamparan keras bagi Rakyat Indonesia yang mempunyai hak demokrasi yakni hak politiknya dipasung. Dan ini juga sangat dirasakan warga di Ibukota Provinsi Sulut Kota Manado, khususnya sang Walikota DR G.S Vicky Lumentut yang diketahui juga sebagai Ketua Apeksi (Asosiasi Pemerintah Kota Se Indonesia) yang beberapa waktu lalu melakukan aksi demo bersama sejumlah Bupati yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Se Indoensia (Apkasi) dan rekan-rekan Walikota lainnya.

Guna menolak diterapkannya sistem Pilkada tidak langsung alias dipilih oleh para Legislator itu sendiri, dan mengabaikan pilihan Rakyat. Kepada sejumlah wartawan di Hotel Swisbell, Walikota Lumentut menyatakan bahwa hasil diterapkannya UU Pilkada oleh DPRD ini merupakan tahapan awal, dan itu masih akan berproses ke langkah hukum berikutnya. Oleh karena itu, pihaknya meminta warga Kota Manado untuk bisa menahan diri dan menerima dulu hasil tersebut, sambil menunggu adanya Kekuatan hukum yang tetap. “Adanya UU Pilkada DPRD ini, biarkan Masyarakat yang menilai. Kita Terima saja dulu, sambil tunggu Kekuatan hukum yang tetap,” tegas Lumentut penuh arti.

Seperti diketahui bersama, dengan berlakunya pilkada tak langsung ini. Itu berarti hubungan kepala daerah dengan DPRD akan lebih kolusif dan transaksional. Dimana, sosok kepala daerah pastinya akan mengabdi ke DPRD, bukannya ke Rakyat lagi. Selain itu, Pilkada melalui DPRD merupakan suatu kemunduran dan mengisyaratkan pendukung mekanisme tersebut ingin kembali ke zaman Orde Baru dan itu sangat disayangkan.(ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*