Sabtu, 24 Agustus 2019

Alokasi Dana Jamkesda Minsel Tahun 2014 Alami Peningkatan

minsel

Bupati Minsel

AMURANG, (manadoterkini.com) – Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE terus berupaya memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat, termasuk pelayanan kesehatan. Bahkan pada tahun 2014 ini Pemkab Minsel mengalokasikan dana untuk program kesehatan Jamkesda Rp 6 miliar. Anggaran ini diharapkan mampu memberikan pelayanan kesehatan secara gratis untuk masyarakat kurang mampu.”Penambahan anggaran untuk pelayanan kesehatan, diharapkan mampu mengakomodir masyarakat kurang mampu,” ujar Tetty sapaan akrab Bupati Minsel ini.

Ditempat terpisah, Sekda Minsel menuturkan peningkatan pelayanan kesehatan ini memang menjadi salah satu prioritas Bupati Tetty. Dan ini sangat diseriusi karena sudah dianggarkan dalam APBD Kabupaten Minsel.”Dana Jamkesda yang dialokasikan mencapai Rp 6 miliar, ini berarti alokasi dana kesehatan khususnya Jamkesda naik menjadi sekitar tiga kali lipat dari anggaran Jamkesda 2013 yang hanya sekitar Rp 2 miliar,‚ÄĚkata Rindengan.

Untuk peserta Jamkesda di Kabupaten Minsel ada sekitar 93.836 jiwa, ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan, dimana pada 2013. Demikian pertanggungan yang diberikan untuk setiap peserta hanya sekitar Rp 6.500 per bulan setiap jiwa.”Sedangkan pertanggungan yang dibayar untuk peserta Jamkesda pada 2014 mencapai Rp 19 ribu per jiwa per bulan. Selain Jamkesda, Bupati juga berupaya untuk dana Jamkesmas lewat APBN. Dan pada tahun 2014 ini peserta Jamkesmas dan Jamkesda, akan menjadi peserta BPJS. Iuran BPJS akan ditanggung Pemkab Minsel, baik lewat program Jamkesmas maupun Jamkesda, dengan jumlah 122.548 jiwa,” punggkasnya.dav)

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*