Minggu, 20 Oktober 2019

Pembangunan Renovasi Pasar Tombatu Akhirnya Dimulai

Bupati Mitra : Tahap Pertama Rp 1,9 Miliar, Tahun 2015 Pembangunan Pasar Ditambah Rp 5 Miliar

Tombatu

Peletakan batu pertama pembangunan renovasi Pasar Tombatu

TOMBATU, (manadoterkini.com) – Pembangunan renovasi pasar tua Tombatu, untuk tahap pertama akan menelan anggaran Rp 1,9 Miliar yang telah disiapkan Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra). “Tahun depan kami akan tambah dana untuk pembangunan pasar sebanyak Rp 5 milyar, sehingga Agustus tahun depan pasar ini sudah diresmikan,” ujar Bupati James Sumendap SH ketika melakukan peletakan batu pertama.

Nantinya, untuk tahap pertama lanjutnya, akan dibangun 16 ruko dan nantinya yang akan menempati ruko ini akan melalui proses undi. Dia berjanji nantinya ketika pasar ini selesai, para penghuni pasar tak ada diskriminasi. Yang pasti akan mendapat prioritas bagi pengguna sebelumnya. “Bila pemilik sementara tak dapat melakukan usaha dengan baik, maka akan diberikan kepada yang lain,” paparnya.

Lanjut dikatakannya pasar yang sudah 48 tahun tersebut tak lagi direnovasi. Pasalnya, pasar merupakan kebutuhan utama. Sebab ekonomi akan dapat bergerak kalau ada transaksi jual beli di pasar. “Jadi mimpi saya, semua pasar selayaknya, punya harkat dan martabat. Sebab pasar ini sebagai pusat ekonomi rakyat. Karenanya pasar harus ditata dengan baik. Harus bersih dan jangan jadi sumber penyakit,” kata Sumendap.

Dia menyebutkan, pemerintah harus memberikan kenyamanan kepada masyarakat dalam kegiatan transaksi jual beli di pasar ini. Karena itu komitmen kami pasar ini akan dibangun senyaman mungkin, sehingga masyarakat dapat menikmati pasar ini.

Dilain pihak Sumendap menambahkan, tahun 2016 juga akan bangun pasar Inpres Tombatu. Selain itu tahun depan pemerintah juga akan bangun dua lantai Puskesmas Tombatu. Begitu juga di jalan Morea-Tounsawang akan dibangun. “Yang pasti tahun 2016, rencana ini akan terlaksana, asalkan mendapat dukungan masyarakat,” tukasnya.(tr4)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*