Sabtu, 24 Agustus 2019

Walikota GSVL : Tuntaskan Temuan dan Jalankan Reformasi Birokrasi

Pemkot Manado Serusi Pangawasan Daerah

Wawali Lawarsda

Wawali Harley Mangindaan bawakan sambutan Walikota Manado

MANADO, (manadoterkini.com) – Tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih (Good Goverment dan Clean Governance), telah ditetapkan sebagai satu dari 5 grand strategy pemerintahan Walikota dan Wakil Walikota Manado, Dr. G.S. Vicky Lumentut dan Dr. Harley A.B. Mangindaan sejak tahun 2010. Dalam rangka implementasi, salah satu program pendukung yang intens dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Manado melalui Inspektorat adalah melalui Gelar Pengawasan Daerah (Larwasda), yg dilaksanakan baru-baru di Hotel Aston Manado. Kegiatan tahunan yang pada tahun 2014 menggandeng Workshop Evaluasi Reformasi Birokrasi ini memiliki dua agenda utama, yaitu pemutakhiran data tindak lanjut hasil pengawasan dan workshop reformasi birokrasi.

Dalam sambutan peresmian pembukaan kegiatan, Walikota Manado, Dr. G.S. Vicky Lumentut, melalui Wakil Walikota, Dr. Harley A.B. Mangindaan, mengatakan kegiatan Larwasda dan Workshop ini menjadi salah satu agenda strategis Pemerintah Kota Manado. Kegiatan Pemutakhiran Data tindak lanjut hasil pengawasan merupakan wujud keseriusan untuk mengawal dan memastikan SKPD melaksanakan rekomendasi dan saran atas temuan-temuan dari instansi pengawas dan pemeriksa di berbagai tingkatan. “Dari segi tranparansi, Pemkot Manado bahkan jauh mengungguli daerah lainnya, mengekspos seluruh rekomendasi BPK RI terhadap LHP LKPD kita tahun 2013. Kini, masyarakat menunggu apa yang menjadi langkah tindak lanjut kita,”kata Wawali.

Lebih lanjut dosen ekonomi yang menyelesaikan strata tiga di UnHas Makasar dalam kesempatan mewakili Walikota memberikan apresiasi tinggi kepada SKPD yang secara proaktif menindaklanjuti temuan yang ada. “Keseriusan untuk menyelesaikan temuan secara tuntas dengan menjalankan saran dan rekomendasi serta rencana aksi dari para pengawas/pemeriksa, merupakan wujud dari komitmen yang kuat untuk terus melakukan pembenahan di tubuh pemerintah Kota Manado sesuai dengan semangat reformasi birokrasi,” ujar suami tercinta Seyla Kudati ini.

Menyangkut Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB), Larwasda kali ini juga memberi penguatan peran asesor yang memainkan peranan penting dalam sistem penilaian mandiri yang terbagi pada 8 area perubahan mulai dari manejemen perubahan hingga peningkatan kualitas pelayanan publik. Kepada para asesor, Walikota melalui Wakil Walikota mengingatkan kepala SKPD, Para Asesor, dan seluruh peserta agar mengikuti seluruh kegiatan.

“Saya berharap agar melalui kegiatan ini, pastikan kita tuntaskan segala temuan dan kita jalankan PMPRB secara profesional, agar kita terus berpacu dalam laju akselerasi pelaksanaan reformasi birokrasi di tubuh pemerintah Kota Manado. Mari bersama kita mantapkan semangat kerja menuju tercapainya pemerintahanyang profesional, berintegritas tinggi, dan mampu menghasilkan pelayanan berkualitas ,” ujar ahli manajemen strategik yang digadang-gadang kembali berpasangan dengan Walikota GSVL pada periode selanjutnya.(ald)

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*