Minggu, 20 Oktober 2019

Jadwal Persidangan di PN Amurang Sering Molor

AMURANG, (manadoterkini.com) – Etikat baik sepertinya belum tertanam dalam diri setiap individu. Fakta tersebut dibuktikan dengan sering molornya jadwal persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Amurang. Sejatinya, pihak PN telah menjadwalkan pukul 09.00 WITA, sudah ada perkara yang disidangkan. Namun nyatanya dijam tersebut, belum ada perkara yang disidangkan.”Kami sering kali lembur sampai malam menunggu sidang selesai. Karena sidang yang dijadwalkan di jam tertentu kebanyakan molor, akhirnya ada yang sampai malam,” kata salah satu personil PN Amurang beberapa waktu lalu.

Wakil Ketua PN Amurang Deky Wagiu SH MH sempat menuturkan jika sering terlambatnya persidangan dikarenakan beberapa faktor. “Jam kantor dibuka, kami sudah berada digedung ini. yang menyebabkan sidang sering molor karena menunggu pihak-pihak yang terlibat dalam proses persidangan tersebut. Karena jika pihak tersebut tidak lengkap, persidangan tidak bisa dilangsungkan,” jelas Wagiu sembari mengharapkan kerjasama yang baik dari semua pihak yang terlibat dalam proses persidangan demi kelancaran pelayanan publik.

Disisi lain ketika ditanya sering terlambatnya pihak kejaksaan mengantar terdakwa ke gedung PN, Kejaksaan Negeri (Kejari) Amurang melalui Kepala Bidang Intelejen Yosephus Sepdiandoko SH menjelaskan jika keterlambatan tersebut bukan semata-mata dari pihak kejaksaan.”Kami sudah berusaha membawa terdakwa di gedung PN sebelum jadwal persidangan dimulai. Bahkan pengawal tahanan berangkat ke Rutan untuk menjemput tahanan sepagi mungkin. Namun pada kenyataanya persidangan tetap saja molor dari jam yang ditentukan,” jelas Sepdiandoko.

Ia juga menambahkan jika keterlamabtan saksi maupun pihak-pihak lainnya turut berperan molornya jadwal sidang. Lelaki ramah ini juga menjelaskan jika pihaknya seringkali menunggu pihak yang lain tiba di lokasi persidangan. “Kan kami telah melayangkan surat panggilan kepada pihak-pihak terkait. Sebagai abdi Negara kami selalu beretikat baik dengan berpikir jika pihak-pihak tersebut akan datang, sebab itu kami menunggu. Walaupun seringkali mereka tidak datang memenuhi panggilan kami dan akhirnya sidang ditunda lagi,” tutupya.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*