Selasa, 15 Oktober 2019

Wawali Manado : Konflik Etnis Bukan dari Perbedaan Etnis!

manado

Penyuluhan dan Diskusi di Hotel Sahid Kawanua

MANADO, (manadoterkini.com) – Melalui kajian dengan berkaca dari kondisi yang terjadi di Kota Manado dan daerah lain, konflik etnis bukan dari perbedaan etnis namun lebih didasari ekonomi yang menjadi perubahan paradikma di masyarakat. Demikian ditegaskan Wawali Harley AB Mangindaan, dalam penyuluhan dan diskusi terkait penanganan gangguan keamanan di Kota Manado, yang digelar Forum Pembaruan Kebangsaan (FPK) Manado, Senin (29/9) di Hotel Sahid Kawanua.

Dijelaskan Wawali, perlu sharing manfaat pemerataan pembangunan dengan tentunya dilihat dari diri sendiri. Seperti, apakah program pemerintah bisa masuk diwilayah yang terkesan perekonomian atau pertumbuhan bidang usaha tidak sama dengan wilayah lain.

“Jika ada persamaan persepsi tentunya apa yang diharapkan bisa berjalan dengan baik, sehingga melalui program pemerintah tersebut dan untuk masyarakat itu menjadi salah satu media bagaimana meredam konflik etnis yang sangat diharapkan tidak terjadi di kota Manado,” ungkap Wawali mewakili Walikota GS Vicky Lumentut selaku Ketua Dewan Pembina FKP Manado.

Wawali mengajak agar kegiatan tersebut bisa memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa di kalangan etnis suku dan budaya untuk menciptakan Manado aman dan damai sesuai tema.

Lanjut dijelaskan Wawali, perlu adanya keterbukaan baik warga masyarakat agar capaian dan harapan bisa terpenuhi melalui komunikasi dengan pemerintah. “Menekan tingkat kriminalitas tidak semua ada di tangan pemerintah tapi oleh semua tingkat di masyarakat. Pemerintah tentunya akan berupaya melalui program yang menyentuh masyarakat agar ketimpangan perekonomian tidak terjadi. Investor bisa masuk tapi apoakah ada jaminan dari masyarakat sendiri soal keamanan karena pesatnya investor akan berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi rakyat,” ungkap Wawali dihadapan Bimas Polres Manado, LSM serta elemen masyarakat, sembari mengapresiasi akan kegiatan yang dilakukan FPK Manado, karena telah lakukan banyak hal positif dan tidak harus menunggu anggaran.

Sementara itu, Bimas Polres Manado, Kompol Sugiyanto, mengharapkan akan menjabarkan program penanganan gangguan keamanan di kota Manado mulai dari tingkat sekolah. “Kita akan bersama-sama pihak dinas terkait untuk melakukan pendekatan kepada siswa pelajar agar tidak terjun ke masalah negative,” tandasnya.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Ketua FPK Manado, Drs Albert Wuysang, Kasat Bina Mitra Polresta Manado Kompol Sugiyanto serta Drs Hanny Solang Kepala Kesbangpol dan Linmas Kota Manado sebagai pemrakarsa kegiatan.(ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*