Kamis, 24 Mei 2018

Mayoritas Penduduk Desa Sapa Barat Ekonomi Lemah

TENGA, (manadoterkini.com) – Kemajuan daerah ini di berbagai sisi ternyata masih menyisakan pekerjaan rumah yang harus dituntaskan pekerjaan rumah (PR). Pasalnya, masih banyak masyarakat yang perekonomiannya di bawah rata-rata. Demikian penjelasan dari Hukum Tua Desa Sapa Barat, Kecamatan Tenga, Jefry Mamesah kepada manadoterkini.com.

Mamesah menjelaskan jika mayoritas penduduk Desa tersebut perekonomiannya lemah karena penghasilan yang tidak menentu. Disamping itu, sebagian besar dari penduduk desa itu tidak memiliki lahan garapan sendiri tapi hanya menggarap lahan orang lain.”Penduduk disini memang memiliki keahlian lebih dari satu. Karena mereka bisa berprofesi sebagai petani, bisa juga sebagai nelayan,” ujar Mamesah.

Menurut Mamesah, keahlian seperti itu sangat menguntungkan karena jika laut bergelombang, mereka bisa bertani. Begitu sebaliknya, bila hasil pertanian tidak baik, melaut bisa dijadikan alternatif penunjang perekonomian keluarga.”Walaupun semangat kerja warga disini tergolong tinggi tapi yang menjadi kendala, sebagian besar dari mereka tidak memiliki lahan sendiri dan hannya menjadi petani penggarap di lahan orang lain. Begitu juga dengan sektor laut. Tidak tersedianya peralatan lengkap untuk menjaring ikan yang banyak menjadi kendala tersendiri. Sebab itu perekonomian mereka lambat untuk menuju kesejahteraan,” jelas lelaki ramah ini.

Dia mengharapkan kemurahan hati dari pemerintah untuk menghibahkan sebidang lahan pertanian untuk digarap warga desa tersebut dan memberi bantuan alat penunjang profesi nelayan.”Jika hal tersebut terpenuhi, saya jamin taraf hidup dan perekonomian warga disini akan meningkat drastis,” jelasnya.

Disisi lain, masyarakat desa tersebut yang akrab disapa Dani kepada manadoterkini.com menuturkan jika dirinya sangat berharap kalau pemerintah memberi perhatian lebih terhadap potensi-potensi yang dipandang dapat menunjang perekonomian masyarakat,” Disamping mendengar aspirasi kami sebagai masyarakat, pemerintah juga harus jeli menilai sektor mana saja yang dapat memberi dampak besar terhadap laju pertumbuhan perekonomian rakyat kecil,” ujar Dani sembari menambahkan jika kesejahteraan rakyat adalah cerminan dari kemajuan dan perkembangan suatu daerah.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*