Minggu, 20 Oktober 2019

Bendungan Rusak, Petani Posumaen Merugi

mitra

Pdt Rivo Pongantung STh bersama para petani

RATAHAN, (manadoterkini.com) – Para petani sawah yang ada di Kecamatan Pusomaen, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), beberapa kali musim panen terakhir ini terus saja mengalami kerugian yang sangat besar. Pasalnya, hingga saat ini bendungan sungai Makalu yang rusak saat perbaikan tanggul pencegah banjir belum juga diperbaiki sehingga air sudah tidak teratur lagi masuk ke area persawahan sehingga petani yang ada di Tatengesan mengalami gagal panen.

“Akibat tidak teraturnya air yang masuk ke lahan persawahan, para petani kerap berselisih dikarenakan memperebutkan jatah air untuk mengairi sawah mereka (petani, red),” tutur Pdt Rivo Pongantung STh, Ketua Jemaat GMIM Imanuel Tatengesan Makalu.

Dilanjutkan Pongantung, pihak Gereja sendiri secara bersama dengan petani telah mengajukan proposal untuk perbaikan bendungan tersebut. “Kami ajukan ke Balai Air, mudah-mudahan dapat segera diperbaiki,” ujar Pongantung sembari menambahkan akibat debit air yang berkurang sehingga tidak sanggup mengairi seluruh area persawahan yang jumlahnya ratusan hektare.(tr4)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*