Senin, 19 Agustus 2019

Umpel : Budidaya Gaharu Harus Dialokasikan di APBD Minsel

AMURANG, (manadoterkini.com)-Cita-cita menjadikan Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) sebagai sentra gaharu di Sulawesi Utara (Sulut), boleh dibilang tinggal selangkah lagi. Setelah beberapa waktu lalu Menteri Kehutanan melalui Dirjen BP DAS- PS Hilman Nugroho, melakukan pencanangan, saat ini tinggal butuh keseriusan Pemkab untuk menindaklanjuti rencana tersebut.

Menurut pengurus KTNA Pusat G J Umpel, dirinya sangat mendukung program dari Pemkab Minsel dalam hal ini Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE untuk membudidayakan gaharu . Namun yang perlu menjadi catatan adalah keseriusan ini bisa dilihat dalam penyusunan APBD 2015 mendatang.”Sejumlah kelompok tani yang pernah mengikuti pelatihan di Waleta dan juga pameran di Kayuwatu beberapa waktu lalu, bertanya kepada saya, terkait recana budidaya gaharu di Minsel. Jawaban saya, ini sudah menjadi program pemerintah dan akan ditindaklanjuti dengan menanam 5 sampai 10 pohon gaharu di Minsel tiap keluarga,”ujar Umpel.

Ditambahkannya apa yang menjadi harapan masyarakat dan juga kelompok tani serta pemerintah, untuk menjadikan Minsel sentra gaharu dapat diwujudkan pada 2015. Demikian dikatakan oleh Ketua KTNA Minsel Yasia Sumasa, yang meminta agar Pemkab dalam hal ini instansi terkait bisa eksen di 2015.”Program ini akan mendatangkan dampak yang positif kepada penduduk Minsel 5 sampai 10 tahun kedepan. Dan saya percaya bila ini berjalan sesuai yang diharapkan, rakyat Minsel akan sejahtera,” tandasnya.(dav)

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*