Sabtu, 24 Agustus 2019

Harga Kopra Turun, Petani Kelapa di Minsel Mengaku Merugi

AMURANG, (manadoterkini.com) – Harga Kopra di Minahasa Selatan (Minsel) terus merosot. Jika pada awal agustus harga kopra berkisar di Rp 5000 per kilo, kali ini tinggal Rp 4300 per kilo. Sontak saja hal ini membuat para petani kelapa kuatir karena akan mengalami kerugian.

Kendi Kodongan, Petani Kelapa asal Motoling Barat, mengaku mengalami kerugian karena hasil penjualan kopra tak sebanding dengan biaya kerja. Dia menuturkan telah mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk sewa orang serta biaya lainnya.

“Pengeluarannya mulai dari bayar biaya naik kelapa sebesar 5000 per pohon, angkut kelapa dengan Roda per sak 30 ribu serta biaya pengasapan. Itu belum terhitung dengan uang makan serta rokok,” ujarnya.

Begitupun dengan proses pengelolaan kelapa menjadi kopra, Kodongan mengatakan memakan waktu yang relatif lama, yakni kira-kira 3 hari dengan anggaran ratusan ribu rupiah. Karenanya dengan pengeluaran sebesar itu, ia mengaku rugi besar bila harga Kopra 4300 pe Kg.

“Jelas saja rugi, harga Kopra memang fluktuatif dalam beberapa bulan terakhir ini dengan kecendrungan terus menurun. Dari Rp 6000/kg, lalu 5000/kg, lantas kini 4000/kg,” sesalnya, sembari mengatakan Petani akan untung bilamana harga Kopra di atas 7000 per kilo.

Hal senada diungkapkan Johny Kesek Petani asal Amurang. Dirinya mengatakan, tidak bisa mencapai target bulan ini yaitu 10 ton.”Saya hanya bisa kumpul 3 ton,” kata dia.

Lanjutnya, Jatuhnya harga Kopra belakangan ini membuat banyak warga yang beralih ke komediti lainnya seperti Cabe. Ada pula yang memilih profesi lain seperti tukang ojek. “Mereka butuh makan, namun itu hanya sementara,” kata dia.(dav)

Tags: , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. pak gubernur tolong perhatikan harga kopra di minahasa ,apa tidak kasiang pa tukang naek pohon kelapa , coba bapak gubernur naek 1 pohon aja , tantu nyandak sanggup.jangan cuma pilkada butuh buruh dan petani pe suara.Terima kasih bpk gubernur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*