Selasa, 23 Januari 2018

Sejumlah Wilayah Manado Sering Tarkam, TNI Cium Ada Provokator

MANADO, (manadoterkini.com) – Fenomena Perkelahian antar kampung (Tarkam) yang sudah semakin beringas dan berlarut-larut, dinilai Kodim 1309 Manado, ada aktor dibalik yang sengaja memainkan skenario agar Manado menjadi tempat yang tidak aman.

“Kerusuhan di kota Ambon hanya berawal dari perang mulut antar supir angkot, kota Manado sudah membahayakan. Kalau saya baca dari luar ini boleh dikata ada sekelompok orang yang mungkin dari luar yang tidak senang melihat kota Manado sering mengadakan ivent internasional karena Manado selama ini dijuluki kota teraman. Jadi mungkin itulah provokator atau segelintir orang yang tidak suka atau juga terkoordinir,”ungkap Kepala Seksi Logistik Kapten Raimon Ranti kepada Media Sulut usai menghadiri Pelantikan dan Pengukuhan Laskar Kabasaran Paimpuluan (Lukar) dan Ikrar Damai Pemuda dan Masyarakat, mewakili Dandim 1309 Manado Letkol Kav Dino Martino di kelurahan Teling Bawah, Selasa (2/9) kemarin.

“Bagi kami penyelesaian adalah seluruh komponan masyarakat tokoh agama, tokoh pemuda, dan elemen lain untuk bersama-sama bagaimana kita mendeteksi profokator,”tambah Ranti, seraya menambahkan, kalau Tarkam sudah mengarah ke hal yang membahayakan pihaknya akan menangani tanpa koordinasi langsung dengan stakeholder yang ada.

Pelantikan dan Pengukuhan Laskar Kabasaran, menurut pendiri dan penasehat Ormas ini, Yulius Paat, Laskar Kabasaran hadir sebagai respon atas maraknya Tarkam yang merupakan fenomena baru di kota Manado yang dikenal aman dan kondusif untuk berkontribusi.

“Laskar Kabasaran akan menjadi wadah. kami akan menginventarisir potensi mereka dalam dalam organisasi untuk upaya pemberdayaan ekonomi kerakyatan melalui kemitraan pemerintah dan stakeholder lainnya,”kata kepala Rutan Malendeng ini.

Wawali Harley Mangindaan yang hadir pada acara tersebut memberikan apresiasi kepada ormas adat Minahasa ini. “Saya dan Walikota serta jajaran yang menjaga keamanan sudah berupaya tiap lingkungan agar aman, Manado sedang diuji agar kita introspreksi keamanan itu dari diri sendiri. Mari torang redam konflik Manado, LSM diminta berikan masukan untuk keamanan kota Manado,”ujar Wawali penuh harap.(ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*