Sabtu, 19 Oktober 2019

Sejarah Kabasaran, Dari Polisi Desa Hingga Penerima Tamu

MANADO, (manadoterkini.com) – Pada zaman dahulu para penari Kabasaran. Hanya menjadi penari pada upacara-upacara adat. Namun dalam kehidupan sehari-harinya mereka adalah petani dan rakyat biasa. Apabila Minahasa berada dalam keadaan perang, maka penari Kabasaran menjadi Waraney.

Sejarah mencatat, pada zaman penjajahan Belanda tempo dulu, ada Peraturan Daerah (Perda) mengenai Kabasaran yang termuat dalam Staatsblad Nomor 104 B, tahun 1859 yang menetapkan 4 point yang mengatur.

4 point tersebut menurut pendiri Laskar Kabasaran yang juga kepala Rutan Malendeng Yulius Paat, point berisi, 1).Upacara para pemimpin negeri (Hukum Besar, Hukum Kadua, Hukum Tua) dan tokoh masyarakat, mendapat pengawalan Kabasaran. Juga pada perkawinan keluarga pemimpin negeri. 2).Pesta adat, upacara adat penjemputan tamu agung pejabat tinggi Belanda Residen, Kontrolir oleh Kabasaran. 3).Kabasaran bertugas sebagai Polisi Desa atau istilah “Opas”. 4).Seorang Kabasaran berdinas menjaga pos jaga untuk keamanan wilayah setahun 24 hari.

“Kabasaran yang telah ditetapkan sebagai Polisi Desa dalam Staatsblad tersebut, akhirnya dengan terpaksa oleh pihak Belanda harus ditiadakan pada tahun 1901 karena saat itu ada 28 orang tawanan yang melarikan diri dari penjara Manado. Untuk menangkap kembali seluruh tawanan yang melarikan diri, pihak Belanda memerintahkan Polisi Desa, dalam hal ini Kabasaran, untuk menangkap tawanan tersebut. Namun malang nasibnya para tawanan tersebut, karena mereka tidak ditangkap hidup-hidup melainkan semuanya tewas dicincang oleh Kabasaran. Para Kabasaran pada saat itu berada dalam organisasi Desa dipimpin Hukum Tua, tiap negeri atau kampung memiliki 10 orang Kabasaran salah satunya adalah pemimpin dari regu tersebut yang disebut “Pa’impulu’an ne Kabasaran. Dengan status sebagai pegawai Desa, mereka mendapat tunjangan berupa beras, gula putih dan kain,”ujar putra berdarah Minahasa ini.(ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*