Minggu, 20 Oktober 2019

Dukcapil Butung Selektif Keluarkan KTP

BITUNG, (manadoterkini.com) – Arus pendatang di Kota Bitung terus mengalami peningkatan. Tak pelak, Pemerintah Kota Bitung memperketat pemberian surat Pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bitung, Drs Efreinhard Lomboan, mengatakan pihaknya sangat selektif dalam mengeluarkan KTP.

“Jadi perlu diketahui jika ada pendatang tidak memiliki identitas, pihaknya tidak akan memberikan KTP. Namun apabila ada surat pindah bisa dilakukan pembuatan KTP,”ujar Lomboan.

Untuk itu Lomboan mengingatkan Camat, Lurah, Pala dan RT menyeruhkan akan hal ini.” Jadi pendatang yang tidak memiliki indentitas jangan dilayani untuk pengurusan KTP,”katanya.

Hal tersebut mendapat dukungan elemen masyarakat. Seperti yang disampaikan Ketua LSM Trias Politika Sulut Herry Mamontoh.”Saat ini kami menduga banyak pendatang yang harus diwaspadai akan identitasnya. Jangan sampai pendatang baru 2 bulan di Bitung tidak ada indentitas lainnya namun sudah mengantongi KTP,”tuturnya.

Makanya, Mamontoh meminta kepada Pemkot Bitung melakukan sidak atau sweeping KTP, karena di Bitung akhir-akhir ini banyak sekali pendatang yang mencari rumah kontrakan dan meminta untuk penghuni rusunawa harus benar-benar di selektif.

“Kami meminta agar pengurusan KTP oleh Camat, Lurah, Pala hingga RT harus sesuai dengan prosedur. Jangan sampai para aparat pemerintahan ini gelap mata dengan sogokan mereka,”pungkasnya.(tr1)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*