Kamis, 17 Oktober 2019

Walikota Istruksikan Jajaran Pemkot Manado Sosialisasi Operasi Pajak Ranmor

Walikota, Lumentut

Walikota GS Vicky Lumentut

MANADO, (manadotekini.com) – Menindaklanjuti pengumuman Gubernur Sulut Nomor 973/2916/Sekr-Dispedan tentang Pemberitahuan Sweeping/Operasi Kendaraan Bermotor di SPBU dan Himbauan Lunas Pajak di 15 Kabuapten/Kota Provinsi Sulut, maka dengan ini Walikota Manado Dr. G.S. Vicky Lumentut melalui Sekretaris Daerah Kota Manado, Ir. M.H.F. Sendoh menginstruksikan seluruh Kepala SKPD mensosialisasikan pengumuman dimaksud kepada seluruh pegawai di lingkungan satuan kerja masing-masing.

“Kepada seluruh camat diinstruksikan pengumuman dimaksud kepada seluruh lurah, kepala lingkungan, dan masyarakat di wilayah masing-masing,”kata juru bicara Pemkot Manado Franky Mocodompis.

Dimana kewajiban masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor tertuang dalam perundang-undangan nomor 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, Kepmendagri No. 170 tahun 1997 tentang Pedoman Tata Cara Pemungutan Pajak Daerah dan Perda Provinsi Sulawesi Utara No.7 tahun 2011 tentang Pajak Daerah.

Untuk itu, kepada wajib pajak kendaraan bermotor, baik roda dua, roda empat, serta roda enam keatas terhitung tanggal 14 Desember 2013 telah dicanangkan program gerakan 2014 Sulut Provinsi Pelopor Sadar Pajak dan Penandatanganan Pakta Integritas Gubernur bersama para Bupati/Walikota se- Sulawesi Utara.

“Terhitung mulai tanggal 1 September 2014 akan dilakukan sweeping/Oprasi kendaraan bermotor lunas pajak, bea bali nama dan mutasi kendaraan yang masih mengunakan nomor polisi luar daerah. Dan ini akan dilakukan secara serentak/terpadu di SPBU 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulut,”ungkap Mocodompis mengutip istruksi Walikota GSVL.

Lanjutnya pengurusan perizinan, KTP, KK, Akte kelahiran, surat keterangan dan layanan pemerintahan lainnya, seperti pelayanan publik harus melampirkan tanda bukti wajib pajak kendaraan bermotor (PKB, BBN-KB DAN MUTASI) termasuk pajak alat besar/berat serta pajak air permukaan.

“Bayarlah pajak kendaraan bermotor, pajak kendaraan atas air dan alat berat/besar sebelum jatu tempo agar tidak dikenakan dendan dan tidak menjadi piutang pajak. Begitupun saat melakukan jual beli kendaraan bermotor pastikan kepemilikan dan tanda bukti lunas pajak dan segera melakukan balik nama,”terang Walikota GSVL yang dikucip jubir.

Ditambahkanya, kesadaran membayar pajak merupakan bentuk keteladanan bagi anak cucu atas kewajiba dan keikutsertaan membangun karakter bangsa dan negara.

“Kepada masyarakat wajib pajak yang telah membayar pajak tepat waktu patut diapresiasi yang tinggi,”pungkasnya.(ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*