Sabtu, 24 Agustus 2019

Kota Manado Butuh Penambahan Fire Hydrant

MANADO, (manadotekini.com) – Hingga kini Kota Manado ternyata hanya memiliki 20 titik fire hydrant. Untuk itu perlu ada penambahan, mengingat pertumbuhan Kota Manado yang begitu pesat. Hal ini diakui Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Sonny Rompas.

Dirinya pun tidak bisa menjamin jika 20 fire hydrant itu tidak berfungsi dengan baik karena tergantung suplay air dari PDAM Manado.

“Kalau musim panas kerap fire hydrant tidak ada airnya, karena berfungsinya titik-titik hydrant tergantung sumber air dari pipa PAM. Memang jika makin banyak hydrant tentunya akan percepat kerja Damkar dalam mengatasi kebakaran,”kata Rompas.

Padahal, kata Rompas, fungsi utama fire hydrant sebagai salah satu sumber air apabila terjadi kebakaran. Untuk itu, penempatan fire hydrant harus mudah terlihat agar segera dapat dipergunakan.

“20 fire hydrant tersebut di 7 Kelurahan yakni Kairagi, Tuminting, Wawonasa, Perkamil, Pinaesaan, Wnang Selatan, Tikala Ares, Titiwungen, Sario, Malalayang Satu, Ranotana, Karombasan dan Winangun,”tuturnya.

Rompas mengakui tengah berupaya agar penambahan hydrant supaya merata sesuai dengan jumlah dan besaran luasan, cakupan di wilayah Manado. “Penambahan sudah ada tapi berahap, karena kita juga harus tempatkan hydran sesuai dengan kebutuhan air. Artinya tidak bisa sembarangan karena ikut juga melihat jangkauan kendaraan damkar. Ada rencana kami tiap kelurahan dua titik hydrant,”pungkasnya.(ald)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*