Rabu, 21 Agustus 2019

Bau Busuk Bangkai Ikan Paus Merebak di Bunaken

manado, bunaken

Ikan Paus yang mulai membusuk ditemukan nelayan Bunaken

MANADO, (manadoterkini.com) – Masyarakat Pulau Bunaken, Kecamanta Bunaken Kepulauan, Rabu (3/9) kemarin dihebohkan dengan terdamparnya seekor ikan besar jenis paus di perairan Bunaken. Ikan dengan panjang sekira 6-7 meter itu ditemukan warga setempat dalam kondisi membusuk.

Informasi yang diperoleh dari Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Manado Misye Wolah SE, serta Camat Bunaken Kepulauan Robert Dauhan SSTP, menjelaskan ikna paus yang terdampar di perairan Kelurahan Bunaken lingkunga III, telah ada sejak malam, tepatnya di pantai depan Gereja GMIM Patmos, Bangkai paus sulit dievakuasi karena air sedang surut.

“Menurut laporan Ibu Kadis Perikanan dan Perikanan serta Camat Bunaken, ikan pau itu diduga terdampar di perairan Bunaken sejak tadi malam (Selasa,red) dan baru ditemukan nelayan tadi pagi (kemarin,red). Hingga kini ikan sepanjang kira-kira enam sampai tujuh meteri itu sedang diidentifikasi jenisnya,”ungkap Kepala Bagian (Kabag) Hubungan masyarakat (Humas) dan Protokol yang juga juru bicara Pemkot Manado Franky Mocompis SSos.

Nelayan Bunaken mengaku baunya sudah bisa tercium hingga satu pulau.”Ekor dari paus tersebut sudah tidak ada akibat sudah membusuk,”kata para nelayan. Bahkan ada kemungkinan paus tersebut berasal dari Amurang melewati pantai Bunaken. Terbatasnya peralatan yang dipergunakan oleh nelayan mengakibatkan sulitnya mengevakuasi bankai ikan paus tersebut.

“Sampai saat ini warga berusaha untuk mengevakuasi ikan tersebut, karena ikan tersebut sudah mulai membusuk. Upaya para nelayan tersebut agar perairan Bunaken tidak membusuk,”pungkasnya mengutip laporan Camat Bunaken Kepulauan.(ald)

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*