Kamis, 24 Mei 2018

Triwulan II, Inflasi Manado Capai 6,27 Persen

bank indonesia

Luctor Tapiheru

MANADO, (manadoterkini.com) – Data mencatat inflasi Provinsi Sulut yang diwakili Kota Manado diakhir triwulan II mencapai 6,27 persen (yoy), jika dibandingkan infklasi triwulan I yang hanya bertengger pada 5,67 persen. Inflasi tersebut disebabkan komsumsi masyarakat meningkat diwarnai tekanan pasokan beberapa bahan pangan.

“Meski meningkat, inflasi tahuna Kota Manado tetap berada di bawah angka inflasi nasional yang tercatat hingga 6,70 persen maupun wilayah Sulawesi – Maluku – Papua (Sulampua) 6,68 persen,”ungkap kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara, Luctor Tapiheru.

Berdasarkan faktor yang mempengaruhinya, kata dia, tekanan inflasi ini (core inflastion) yang sedikit meningkat dibanding triwulan sebelumnya akibat tekanan inflasi dari luar negeri (eksternal).

“Inflasi Kota Manado juga bersumber dari gejolak bahan makanan yang disebabkan oleh gangguan produksi tomat dan sayur. Sementara itu inflasi dari kelompok barang yang harganya diatur oleh pemerintah, semakin mereda seiring berkurangnya efek kenaikan subsidi tahun 2013,”pungkasnya.(ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*