Kamis, 17 Oktober 2019

Moncong Putih dan Garuda Putih Bakal Koalisi di Pilwako Bitung

BITUNG, (manadoterkini.com) – Hubungan baik yang terjalin antara Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Bitung, bisa bertanda baik pada pemilihan Walikota 2015 mendatang. Tak pelak, peluang koalisi Partai Penguasa (Garuda Putih) di Bitung dengan partai banteng moncong putih tidak menutup kemungkinan sepanjang itu untuk kepentingan masyarakat.

Informasi menyebutkan Walikota Bitung Hanny Sondakh yang adalah Ketua PKPI Bitung, kekurangan figur untuk Pilwako Bitung 2015 mendatang. Sementara Ketua PDIP Bitung, Maurits Mantiri disebut-sebut sebagai calonnya orang nomor satu di Bitung saat ini. Bahkan isu bakal berkoalisinya kedua partai tersebut, mengingat pada pemilihan presiden belum lama ini kedua partai tersebut dalam satu koalisi Indonesia Hebat saat mendukung Jokowi – JK.

“Sah-sah saja PKPI dan PDIP berkoalisi, karena keduanya memiliki idiologi yang sama yakni Pancasil. Kedekatan kedua pimpinan partai tersebut bukan baru, tapi sudah lama. Jadi tidak menutup kemungkinan keduanya telah melakukan komunikasi Politik sejak lama,”kata sumber yang engan namanya dipublis.

Terpisah, Mantiri yang belakangan mendapat banyak dukungan dari berbagai kalangan untuk meneruskan kepemimpinan Henson, tak menepis kalau PDIP merupakan partai terbuka berkoalisi dengan parpol lainnya.“Pada dasarnya kami tidak ada masalh jika berkoalisi dengan PKPI. Apalagi memang PDIP butuh partai lain untuk koalisi karena harus memenuhi persyaratan 20 persen kursi di dewan,”ujar Mantiri.

Hubungan harmonis hingga pada kebijakan Walikota Hanny Sondakh, manakalah PDIP terus menunjang dan mendukung setiap kebijakan program Pemkot Manado di DPRD Kota Bitung. Seperti diketahui pemilihan legilatif tahun 2014, PDIP hanya mampu meraih 4 kursi, jadi perlu melakukan koalisi agar bisa memenuhi syarat dalam pencalonan di Pilwako. Dimana untuk mencalonkan Walikota dan Wakil Walikota minimal memiliki 20 persen kursi di DPRD atau 6 kursi dari 30 kursi di DPRD Bitung.(tr1)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*