Selasa, 15 Oktober 2019

Inilah Kata Lumentut Soal Dana Miliaran Rupiah Pembangunan Youth Center

MANADO, (manadoterkini.com) – Terkait pemanggilan dirinya sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pembangunan Youth Center di Polda Sulut, Walikota Manado GS Vicky Lumentut menjelaskan untuk perencanaan sampai pembangunan gedung pusat kegiatan pemuda di Manado itu diserahkan sepenuhnya kepada komite Pembangunan. Termasuk aliran dana miliaran rupiah dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Menurutnya, selaku Walikota dirinya hanya mengeluarkan Surat Keputusan (SK) pembentukan pengurus Komite Pembangunan. Bahkan dua kali SK dikeluarkan dengan harapan untuk memperbaiki kinerja pengurus Komite yang lama. Dijelaskan, dana Kemenpora untuk pembangunan youth center itu tidak masuk ke rekening Pemerintah Kota Manado tetapi langsung ke rekening komite.

“Ini kan dana dari pusat yakni Kementerian Pemuda dan Olahraga. Dananya langsung ke rekening Komite bukan ke rekening Pemkot. Tinggal komite yang mengolah dana itu untuk pembangunan youth center. Jadi kalau ditanya masuk rekening mana yang jelas bukan di Pemko tetapi di rekening Komite,”katanya

Menyangkut dana youth center yang mengalami beberapa kali pemindahan rekening bank, Walikota mengaku tidak mengetahuinya, karena itu tanggung jawab komite.

“Saya tidak tau kalau rekening komite itu dipindahkan ke beberapa bank. Itu tanggung jawab pengurus komite,”tandas Lumentut.

Seperti diketahui pihak Polda Sulut telah menetapkan delapan tersangka dalam kasus Youth Center tersebut, tiga diantaranya sudah resmi ditahan yakni Ketua Komite Pembanngunan RE alias Ronny, serta Ketua Komite sebelumnya P alias pas dan oknum kontraktor JU alias Jupri. Berdasarkan audit yang dilakukan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), kasus ini merugikan negera miliaran rupiah, sehingga tipikor Polda Sulut menetapkan para tersangka sebagai oknum yang bertanggungjawab.(ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*