Kamis, 17 Oktober 2019

Minsel Akhirnya Keluar dari Disclaimer

Opini Disclaimer menjadi Tidak Wajar dari BPK-RI Prestasi Bagi Bupati Tetty Paruntu

Tetty, Bupati MInsel

Bupati Minsel Tetty Paruntu SE

AMURANG, (manadoterkini.com) – Akhinya kerja keras Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE, mampu membawa Minahasa Selatan keluar dari Opini Disclaimer menjadi Tidak Wajar (TW). Padahal sejak menjadi daerah otonom mekar dari Kabupaten Minahasa Induk, Pemkab Minsel terus mendapat hadia Disclaimer dari BPK-RI perwakilan Sulut.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) terhadap LKPD Minsel tahun 2013 tersebut diterima Bupati Tetty Parunt SE dan Ketua DPRD Minsel Boy Tumiwa BSc SH, Jumat (5/9) kemarin sore di kantor BPK RI pewakilan Sulut di Manado.

“Kami memberikan apresiasi kepada Pemkab Mitra atas upaya dan segala usaha yang telah dilakukan untuk menyelesaikan segala bentuk kerugian negara termasuk menuntaskan masalah aset yang selama beberapa tahun terakhir ini masih kabur. Jika sebelumnya diibaratkan penyakit, doter tidak bisa mendiaknosa penyakit yang ada di pemerintahan Kabupaten Minsel, namun sekarang sudah terlihat jelas apa saja yang masih dan harus diperbaiki oleh Pemkab Minsel,” ujar kepala BPK RI Sulut Andi K Lologau saat menyerahan LHP kepada Bupati Minsel.

Dengan hasil ini, dia menyarankan agar Pemkab Minsel segera menuntaskan permasalahan aset serta temuan kerugian negara yang masih belum diselesaikan. Dengan cara segera menuntaskan selisih aset, membuat standar operasedur, menyetor ke kas daerah apabilah ada kerugian, sekaligus memberikan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku.

“Mudah-mudahan permasalahan ini tidak terulang lagi, dan akan lebih baik dibarengi dengan opini yang lebih baik pula,” tandasnya.

Sementara itu Tetty sapaan akrab Bupati Minsel ini sendiri menyampaikan, terima kasihnya kepada BPK atas LHP yang sudah diberikan kepada Pemkab Minsel.”Bagi kami Pemkab Minsel, ini merupakan hasil yang luar biasa. Dan atas opini Tidak Wajar yang kami dapat, tentu kedepan hasilnya pasti akan lebih baik,”ungkap Tetty.

Tetty juga menegaskan, Pemkab Minsel sendiri akan selalu berkonsultasi dengan BPK atas hal-hal yang selama ini masih menjadi kekurangan.”Saya bertekad agar kerugian negara ini harus dikembalikan kepada negara, dan tahun depan dalam pemeriksaan pengelolaan administrasi keuangan dan aset akan memperoleh hasil yang lebih membanggakan dari saat ini,” tandasnya.(dav)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*