Senin, 19 Agustus 2019

BKP Pemkab Minahasa Pastikan Stok Beras Aman

TONDANO, (manadoterkini.com) – Apa saja yang ditaman di tanah Minahasa pasti akan bertumbuh. Untuk itu, Badan Ketahanan Pangan Pemkab Minahasa, memastikan stok pangan tetap aman. Begitu pula dengan stok beras dalam posisi aman.

“Kami bisa pastikan hingga akhir 2014 stok beras di Minahasa tetap normal. Karena cuaca lagi dalam posisi bersahabat,”kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Ir NJ Runtukahu.

Bahkan di Minahasa untuk tiga tahun berturut-turut yakni 2011, 2012, dan 2013 mengalami surplus beras. Menurutnya, beras yang datang dari luar diperuntukan untuk warga masyarakat yang berdomisili di Tondano Raya.

“Jadi beras dari luar Minahasa, sasarannya untuk warga Tondano, karena memang itu dijual di Pasar Tondano. Sedangkan untuk Langowan dan Kawangkoan, kecil permintaan karena ada beras lokas disana. Sedangkan, area Pineleng dan Kembes, kebayakan memlikih pasar di Manado,”jelas Runtukahu.

Dia pun menegaskan posisi saat ini Minahasa terus didorong untuk menuju daerah swasembada pangan. “Jika sudah swasembada panga, maka kedepan beras sudah tidak lagi diambil diluar,”pungkasnya.(tr4)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*