Sabtu, 19 Oktober 2019

BPK Siap Berikan Pendampingan Bagi Pemkab Minsel

manado

Kepala BPK memberikan arahan

AMURANG, (manadoterkini.com) – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) siap memberikan pendampingan kepada Pemkab Minsel agar pengelolaan kauangan daerah menjadi lebih baik. Bentuk perhatian Kepal BPK Perwakilan Sulut Drs Andi Kangkung Lologau MM, karena upaya Pemkab Minsel melakukan perubahan dalam pengelolaan, pengawasan dan pelaporan kauangan.

“Kami siap memberikan pendampingan bagi pemkab Minsel agar pengunaan atau pengelolaan anggaran menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” ucap Lologau saat menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK kepada Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu, SE dan Pimpinan DPRD Minsel John RM. Sumual SE, akhir pekan kamarin.

Bahkan bagi Lologau, perubahan-perubahan yang terjadi di Kabupaten Minsel telah terlihat, setelah sebelumnya tahun 2012 Pemkab Minsel mendapat opini Tidak Memberikan Pendapat atau pernyataan menolak memberikan opini (disclaimer of opinion). Tapi ditahun 2013 telah ada perubahan-perubahan untuk menuju pada pengelolaan keuangan yang lebih baik.

“Saya serahkan LHP ini sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 bahwa Opini merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam Laporan Keuangan yang didasarkan pada kriteria (1) Kesesuaian Dengan Standar Akuntansi Pemerintahan, (2) Kecukupan Pengungkapan (Adequate Disclosures), (3) Kepatuhan Terhadap Peraturan Perundang-undangan, dan (4) Efektivitas Sistem Pengendalian Intern,” ungkap Lologau.

Dia juga menjelaskan bahwa BPK memberikan empat jenis opini yakni (1) Opini Wajar Tanpa Pengecualian (Unqualified Opinion), (2) Opini Wajar Dengan Pengecualian (Qualified Opinion), (3) Opini Tidak Wajar (Adversed Opinion), dan (4) Pernyataan Menolak Memberikan Opini (Disclaimer of Opinion). Dan untuk pemkab Minsel pihak BPK memberikan Opini Tidak Wajar (Adversed Opinion) berdasarkan hasil pemeriksaan tim BPK yang ketuai Tim BPK Sulut Sumaji dan anggotanya Rizal Yuniarta, Ahmad Fauzi dan Supandi Rahmat. “Kami memberikan Adversed Opinion untuk keuangan pemkab Minsel tahun 2013,” tegasnya.

Yang pasti BPK siap memberi pendampingan bagi Kabupaten Minsel. “Kalau memang keuangan Minsel sudah membaik kami akan memberikan opini baik juga,” tambah Lologau. Tetty sapaan akrab Bupati Minsel menyambut baik upaya BPK untuk membantu pengelolaan keuangan Minsel kearah yang lebih baik. “Prinsipnya kami sangat berterima kasih atas upaya BPK untuk memberi pendampingan bagi kami,” ketus Paruntu.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*