Selasa, 15 Oktober 2019

Dikunjungi Menhub, Terminal Liwas Direncanakan Beroprasi 2015

manado

Menhub saat mengunjungi pembangunan terminal liwas

MANADO, (manadoterkini.com) – Terminal Liwas, yang merupakan bantuan Kementerian Perhubungan RI, terus digenjot agar tahun 2015 bisa beroprasi. Tak ayal, Senin (8/9) Menteri Perhubungan RI EE Mangindaan, meninjau langsung pembangunan terminal tersebut.

Menurut Lape sapaan akrab Mangindaan, terminal Liwas selain terminal penumpoang angkutan Kabupaten/Kota juga akan bersampingan dengan terminal peti kemas.

“Terminal seperti Paal Dua dan lainya bisa dialihkan ke terminal liwas. Nantinya terminal ini akan berfungsi selain sebagai terminal penumpang bagi angkutan kota dan antar kota, juga jadi terminal peti kemas,” terang Lape.

Lagi dikatakan mantan Gubernur Sulut itu, kalau melihat gambar desain, memang tata ruangnya untuk terminal, hingga perlu dipikirkan oleh Pemprov dan Pemkot untuk membuka akses untuk rel kereta api. Tapi saat ini pikirkan dulu akses jalan bisa tembuskan ke ring road dan tol. Agar kendaraan masuk ke terminal peti kemas bisa lancar.

“Tapi luasan lahan minml 4 hektar. Saya minta ada gudang-gudangnya juga untuk dijadikan tempat penyimpanan barang-barang. Untuk akses yang menghubungkan ke Ringroad dan Tol Manado-Bitung lebih memudahkan boongkar muat barang,”katanya.

Untuk itu peti kemas dan bus ankot disediakn jalur sendiri dan hubungkan ke jalan utama hingga perlu diperlebar aksesnya. “Saya pesan bagaimana caranya bikin terminal ada daya tarik harus ada tempat atau space untuk restoran tempat santai, seperti diluar negeri juga begitu. Tempat ruang tunggu dari penumpang biar lebih sejuk bisa difasilitasi dengan AC. Buatlah sedemikian rupa sehingga terminal ini memiliki daya tarik sekaligus sosialisasi penumpang,”harap Mangindaan.

Terminal Liwas ini juga nantinya akan menampung sebagian dari terminal lain, seperti terminal Karombasan yang sudah mulai penuh. “Masyarakat bisa tenang dengan adanya terminal yang bagus. Terminal yang difungsikan sedemikian rupa sehingga mampu menjawab kebutuhan masyarakat,”kunci Lape.(ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*