Senin, 19 Agustus 2019

Sosialisasi PBL Mapaluse Dibuka Sekda Manado

manado

Sekda membuka sosialisasi PBL Mapaluse

MANADO, (manadoterkini.com) – Pemkot Manado, Senin (8/9) melakukan sosialisasi PBL Mapuluse di Hotel Sintesa Peninsula, yang dibuka Sekretaris Kota Manado MHF Sendoh.

Dikatakan Sekda, program PBL Mapaluse ini merupakan satu terobosan Pemkot Manado menghadirkan pembangunan yang adil dan merata, melalui peningkatan kapasitas masyarakat, baik secara induividu maupun kelompok dalam memecahkan bernagai persoalan terkait dengan upaya peningkatan kualitas hidup, kemandirian dan kesejahtraan masyarakat.

“Melalui PBL Mapaluse masyarakat diberi ruang yang seluas-luasnya untuk berpartisipasi dalam pembangunan lingkungan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pemantauan dan evaluasi,”ujar Sekda.

Beliau juga mengatakan dalam hal ini pemerintah kota bertugas mendampingi masyarakat dan berperan selaku regulator, dinamisator, koordinator dan fasilitator dan tetap menyerahkan keseluruhan proses pembangunan di tingkat lingkungan di tangan masyarakat.

Seda berharap melalui PBL Mapaluse ini akan terbangun infrastruktur yang memadai disetiap lingkungan kelurahan sebagai upaya mewujudkan Manado kota Model Ekowisata. Sekda juga dalam pemaparan materinya mengatakan bahwa PBL Mapalus ini merupakan Program yang dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten/Kota di Indonesia yang pertama.

“Saya berpesan kepada para peserta jangan sampai program PBL Mapalus ini yang sudah beberapa kali dijadikan study banding oleh daerah lain kalah dengan program-program yang serupa yang dimiliki oleh daerah lain. Saya berharap kita yang dijadikan contoh harus memberikan contoh yang baik dan yang benar dari aspek perencanaan,rencanakan dengan baik sesuai apa yang dibutuhkan masyarakat bukan apa yang diinginkan masyarakat dan peran para fasilitator dan KMM terhadap kepala lingkungan untuk didiskusiakan apa yang menjadi kebutuhan diwilayahnya jangan hanya iko-iko kegiatan dilingkungan sebelah yang sebenarnya ada kegiatana yang lebih dibutuhkan dilingkungannya saya berharap ini tidak terjadi dilingkungan saudara dan berdasarkan Peraturan Walikota jangan menyalahi empat belas kegiatan PBL yang diamanatkan jangan tambah-tambah,”pesan Sekda.

Sekda juga menambahkan baik dalam proses pelaksanaan juga jangan tidak sesuai dengan bestek karna kegiatan itu nanti akan dipertanggung jawabkan. “Ketika selesai kegiatan dilaksanakan laporan harus diselesaikan dengan baik dan bertanggung jawab jangan ditunda tunda”ujar Sekda.

Dalam akhir pemaparan sekda mengharapkan mari jadikan Program ini menjadi program yang memiliki rasa bangga bagi kota Manado sesuai dengan visi dan misi kota Manado. Dihadapan para peserta yang terdiri dari Camat,Lurah,PPK,PPTK,Fasilitator,Ketua KMM dan Seluruh Kepala Lingkungan. (ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*