Kamis, 17 Oktober 2019

Siwi : Kewenangan Jembatan Sario di BPJN

Sesuai kontrak, PHO jatuh tanggal 2 Agustus 2014

MANADO, (manadoterkini.com) – Belum selesainya jembatan Sario menjadi salah satu penyebab terjadinya kemacetan yang mengular di Manado. Tak ayal, Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) diminta bertanggung jawab dengan mempercepat pengejaan jembatan tersebut.

Kadis PU Manado, Ferry Siwi, ketika dikonfirmasi akan pengerjaan jembatan Sario, tak memungkirinya kalau tanggung jawab proyek tersebut oleh BPJN dan bukan tanggung jawab Pemkot Manado.

“Dananya dari Kementrian PU, Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN). Jadi kewenangannya yang sebenarnya, bukan di Pemkot Manado,” ungkap Siwi.

Pelak saja penegasan Siwi pun otomatis mementahkan tudingan miring kepada Pemkot Manado, terkait pembangunan jembatan Sario tersebut adalah kewenangan Pemkot Manado.

Wawali Dr Harley AB Mangindaan, meminta warga Kota Manado khususnya yang melalui jembatan Sario untuk bersabar, karena kendala infrastruktur yang sementara di bangun yang akibatkan kemacetan.

“Harus diakui bahwa kemacetan yang mengular dimana-mana akibat pembangunan Jembatan Sario dan itu menjadi pekerjaan rumah kita bersama. Jadi masyarakat harus memahami bahwa kemacetan yang terjadi di Manado bukan kesalahan sistem lalu lintas. Kami berharap semua warga bersabar,” ungkap Wawali.

Data yang berhasil dihimpun, sesuai peta kontrak Tahun Anggaran (TA) 2014 Satker pelaksanaan jalan Nasional Wilayah III Provinsi Sulut, terkait paket pergantian jembatan Sario, ternyata proses serah terima pertama pekerjaan/ Provisional Hand Over (PHO) jatuh tempo pada tanggal 2 Agustus 2014 lalu. Nilai DIPA Rp5.978.300 miliar, Kontrak Rp5.658.019 miliar dengan Kontraktor PT. CENDER dengan Panjang EFF 2.00 KM. (lihat grafis)

Pantauan manadoterkini.com, pekerjaan masih terus berlangsung dan terlihat alat pancang tiang beton sudah sementara melakukan pemancangan dan informasi yang diperoleh rencana kontrak selesai 15 Desember 2014.

GRAFIS

NILAI DIPA: 5.978.300

KONTRAK: 5.658.019

KONTRAKTOR PT. CENDER

PANJANG EFF: 2.00 KM

NO KONTRAK: HK.02.03/WIL.I-SULUT.04/BPJN XI/086/2014

TGL KONTRAK: 28 FEBRUARI 2014

WAKTU PELAKSANAN: 150 HARI

TGL SURAT PERINTAH MULAI KERJA (SPMK): 05 MARET 2014

TGL SERAH TERIMA PERTAMA PEKERJAAN / PROVISIONAL HAND OVER (PHO): 02 AGUSTUS 2014

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*